Ilmuan: Hiu Martil dan Hiu Mako Terancam Punah

Penulis : Gilang Helindro

Rabu, 01 Februari 2023

BETAHITA.ID -  Para ilmuan telah mengurutkan genom (genetika) dari dua hiu yang terancam punah. Keanekaragaman genetik yang rendah dan tanda-tanda perkawinan sedarah membunyikan lonceng alarm untuk martil besar, tetapi mungkin ada harapan untuk mako sirip pendek yang menunjukkan keragaman genetik lebih tinggi dan perkawinan sedarah yang terbatas.

Profesor Mahmood Shivji, Profesor Michael Stanhope dan kolaborator mereka telah melihat kembali sejarah dengan mengurutkan ke tingkat kromosom genom (seluruh cetak biru genetik) hiu martil besar dan hiu mako sirip pendek. Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal di iScience.

Profesor Mahmood Shivji mengatakan dengan seluruh genomnya diuraikan dalam resolusi tinggi. “Kami memiliki jendela yang jauh lebih baik ke dalam sejarah evolusi spesies yang terancam punah ini,” katanya. "Ini adalah gambar mengejutkan yang menggambarkan tonggak sejarah dalam ilmu konservasi untuk hiu," tambahnya.

DNA dari antar waktu menunjukkan bahwa populasi mereka telah menurun secara substansial selama 250.000 tahun.  Apa yang ditemukan para ilmuwan juga mengkhawatirkan: hiu martil besar memiliki variasi genetik yang rendah, yang membuat mereka kurang tangguh untuk beradaptasi dengan dunia kita yang berubah dengan cepat.

Para ilmuwan telah mengurutkan ke tingkat kromosom genom hiu martil besar dan hiu mako sirip pendek, menunjukkan bahwa populasi mereka telah menurun selama 250.000 tahun. Foto: Istimewa

Spesies ini juga menunjukkan tanda-tanda perkawinan sedarah, suatu masalah yang dapat menurunkan kemampuan populasinya untuk bertahan hidup. Hiu mako sirip pendek, bagaimanapun, menunjukkan keragaman yang lebih tinggi dan perkawinan sedarah yang terbatas, secercah harapan dalam iklim konservasi yang suram.

Memahami perubahan dalam skala waktu yang begitu besar dapat menempatkan ke dalam konteks status konservasi saat ini dari hewan yang terancam punah ini. Hasilnya dapat membantu mengarahkan menuju strategi pengelolaan yang lebih bernuansa untuk hiu dalam penelitiannya.

Para ilmuwan memperoleh dan menyusun seluruh sekuens genom untuk hiu martil besar dan hiu mako sirip pendek dan membandingkan genom mereka dengan informasi genom yang tersedia untuk hiu paus, hiu putih, hiu bambu berpita coklat, dan hiu kucing keruh.

Metode ini terbaca seperti pembuatan teka-teki rumit oleh detektif ilmiah: secara berturut-turut merangkai dari fragmen kecil DNA urutan yang berbeda seperti permadani tambal sulam yang merinci cetak biru kehidupan. Mencapai tingkat kromosom merupakan yang terbaru dalam penelitian sekuens seluruh genom berkualitas tinggi – dan prestasi yang sulit untuk dicapai untuk spesies seperti hiu yang memiliki genom yang sangat besar.

Penerapan teknik canggih datang di tengah laporan suram untuk hiu dan pari.

Profesor Stanhope mengatakan, kemajuan teknis dalam studi genom menunjukkan bahwa pendekatan sekuensing DNA sekarang jauh lebih kuat dan efisien. “Kami dapat menerapkan teknologi baru ini untuk mendapatkan wawasan tentang organisme tersebut, informasi yang kami harap dapat dimanfaatkan untuk melindungi hiu dan pari,” katanya.

Meskipun tidak tahu persis efek perkawinan sedarah pada hiu, temuan dari serigala dan cheetah menunjukkan bahwa sifat-sifat bermasalah dapat merayap seiring waktu. Hasilnya sering menurunkan kelangsungan hidup spesies. Gambaran hiu martil besar ditangkap secara berlebihan dan ditukar dengan sirip mengkhawatirkan. Tetapi tanpa wawasan genetik kritis ini, kami tidak akan dapat memodifikasi bagaimana populasi rentan mereka saat ini dikelola.

Para peneliti berhati-hati tentang melebih-lebihkan hasil.

Genetika telah maju sedemikian rupa sehingga genom tingkat kromosom adalah harapan untuk genom kualitas referensi untuk spesies. Namun, penelitian konservasi menghadirkan tantangannya sendiri untuk mencapai hal ini secara konsisten dan pada resolusi yang diharapkan di bidang lain.

Profesor Shivji menambahkan, mendapatkan sampel jaringan dari vertebrata laut yang terancam punah merupakan rintangan utama.

Mengumpulkan genom dengan satu sampel jaringan dari satu hiu, tetapi keadaan yang ideal adalah mengurutkan genom dari banyak individu dari berbagai bagian jangkauan samudra mereka, suatu upaya yang sulit secara etis dan mahal.

Memang, para peneliti menyatakan ini sebagai keterbatasan studi mereka saat ini. Keterbatasan etis untuk bekerja dengan spesies yang terancam punah berarti ahli genetika konservasi harus menyeimbangkan kemajuan terbaru dengan menghormati populasi rapuh yang mereka pelajari.

Selain mengungkapkan keragaman genetik dan status rapuh dari dua spesies hiu yang terancam punah, para peneliti berharap bahwa hasil mereka akan memberikan apa yang mereka sebut sebagai genom berkualitas referensi, yang dapat dibangun oleh ilmu pengetahuan dasar di masa depan untuk meningkatkan apa yang kita ketahui tentang hiu.

"Tentu saja, saat kemungkinan baru muncul, wawasan tentang cetak biru hiu akan membantu memperkuat cara memahami spesies yang penting secara ekologis ini dan melestarikan populasinya yang rentan," ungkapnya dalam penelitian.

SCI Tech Daily