Studi AI: Dunia Menuju Pemanasan di Atas 1.5C Dekade Mendatang

Penulis : Tim Betahita

Perubahan Iklim

Kamis, 02 Februari 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Studi terbaru mengungkapkan, saat ini dunia berada di ambang batas kritis iklim. Hal ini menandakan bahwa dunia semakin kehabisan waktu untuk berupaya menghindari efek paling parah dari pemanasan global. 

Para peneliti di Stanford University dan Colorado State University menemukan saat ini Bumi berada di jalur yang melampaui pemanasan 2C, yang diidentifikasi oleh ilmuwan internasional sebagai titik kritis. Menggunakan kecerdasan buatan (AI), peneliti juga  menemukan bahwa pemanasan 1.5C di atas tingkat industri mungkin akan terlampaui dalam dekade berikut. 

“Kami memiliki bukti yang sangat jelas tentang dampak pada ekosistem yang berbeda dari 1C pemanasan global yang sudah terjadi,” kata ilmuwan iklim Universitas Stanford Noah Diffenbaugh, yang ikut menulis penelitian dengan ilmuwan atmosfer Elizabeth Barnes.

“Studi baru ini, dengan menggunakan metode baru, menambah bukti bahwa kita pasti akan terus menghadapi perubahan iklim yang mengintensifkan dampak yang sudah kita rasakan,” jelasnya. 

Poster protes tentang krisis iklim. Foto: iglobal.org

Dalam studi tersebut, peneliti memanfaatkan jaringan saraf, atau jenis AI yang mengenali hubungan dalam kumpulan data yang sangat besar. Para ilmuwan melatih sistem untuk menganalisis beragam simulasi model iklim global dan kemudian memintanya untuk menentukan linimasa untuk ambang batas suhu yang diberikan. 

Model tersebut menemukan hampir 70% kemungkinan bahwa ambang batas dua derajat akan dilewati antara tahun 2044 dan 2065, bahkan jika emisi menurun dengan cepat. Untuk memeriksa akurasi prediksi AI tersebut, peneliti juga memasukkan pengukuran historis dan meminta sistem untuk mengevaluasi tingkat pemanasan saat ini yang telah dicatat. Menggunakan data dari tahun 1980 hingga 2021, AI lulus uji, dengan benar mencatat pemanasan 1,1C yang dicapai pada tahun 2022 dan pola serta kecepatan yang diamati dalam beberapa dekade terakhir.

Dua tolok ukur suhu, yakni 1.5c dan 2C, merupakan titik krisis yang disepakati dunia saat konferensi iklim PBB di Paris pada 2015. Pakta tersebut ditandatangani oleh hampir 200 negara, yang isinya perjanjian untuk menjaga pemanasan jauh di bawah 2C dan mengakui bahwa mencapai 1,5C akan secara signifikan mengurangi risiko dan dampak perubahan iklim. 

Meskipun setengah derajat pemanasan tidak terlihat besar, tetapi dampak yang meningkat bersifat eksponensial. Hal ini mengintensifkan konsekuensi skala luas bagi ekosistem di seluruh dunia, dan manusia, tumbuhan, dan hewan yang bergantung padanya. 

Sebagai contoh, hanya sepersekian derajat pemanasan akan meningkatkan jumlah musim panas di Arktik, dan akan mengurangi jumlah esnya hingga sepuluh kali lipat, menurut Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC). Perbedaan antara 1,5C dan 2C juga menghasilkan dua kali jumlah hilangnya habitat tanaman dan tiga kali jumlah serangga.

Perubahan itu juga akan memicu peningkatan bencana yang berbahaya. Dunia yang lebih hangat akan menyebabkan kekeringan dan banjir serta menghasilkan lebih banyak kebakaran dan banjir. Gelombang panas yang menghanguskan akan menjadi lebih parah dan lebih umum, terjadi 5,6 kali lebih sering pada patokan 2C, menurut IPCC, dengan sekitar 1 miliar orang menghadapi potensi fusi fatal antara kelembapan dan panas. Komunitas di seluruh dunia harus menghadapi lebih banyak pukulan cemeti cuaca yang berubah-ubah dengan cepat akibat cuaca ekstrem ini. 

Perbedaan kedua suhu ini berdampak sangat nyata bagi banyak negara berkembang, termasuk negara pulau kecil. Beberapa daerah menghangat lebih cepat dari yang lain dan efek dari pemanasan global tidak akan terungkap secara merata. Jumlah korban tertinggi sudah dirasakan oleh mereka yang lebih rentan dan kurang mampu dan perpecahan yang menghancurkan diperkirakan akan semakin tajam.

“Model AI kami cukup yakin bahwa sudah terjadi pemanasan yang cukup sehingga 2C kemungkinan akan terlampaui jika mencapai emisi net-zero membutuhkan waktu setengah abad lagi,” kata Diffenbaugh. “Janji net-zero sering dibingkai untuk mencapai tujuan Perjanjian Paris 1.5C,” tambahnya. “Hasil kami menunjukkan bahwa janji ambisius tersebut mungkin diperlukan untuk menghindari 2C.”

Namun, temuan ini tidak boleh dilihat sebagai indikasi bahwa dunia telah gagal memenuhi momen tersebut, tegas Diffenbaugh. Sebaliknya, dia berharap pekerjaan itu berfungsi untuk memotivasi ketimbang mencemaskan. Masih ada waktu untuk mencegah eskalasi efek yang lebih tinggi dan mempersiapkan efek yang sudah muncul – tetapi tidak banyak.

“Mengelola risiko ini secara efektif akan membutuhkan mitigasi dan adaptasi gas rumah kaca,” kata Diffenbaugh. “Kita tidak beradaptasi dengan pemanasan global yang sudah terjadi dan kita tentunya tidak beradaptasi dengan pemanasan global yang semakin besar di masa depan.”