Ular Ini Akhirnya Punya Nama setelah Ditemukan 46 Tahun Lalu

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Rabu, 15 Februari 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Spesies baru ular telah dideskripsikan dari Panama bagian barat. Pertama kali didokumentasikan pada 1977 oleh Dr. Charles Myers, seorang ilmuwan yang mempelajari amfibi dan reptil di seluruh Panama, dan baru sekarang ular ini mendapatkan deskripsi ilmiah.

Ular baru ini diberi nama Dipsas aparatiritos. Genus Dipsas termasuk dalam kelompok snailsuckers, kelompok ular unik yang memakan mangsa bertubuh lunak termasuk siput yang diambil dari cangkangnya, siput, dan cacing tanah.

Julukan spesies ini "aparatiritos" berasal dari bahasa Yunani yang berarti tanpa disadari merujuk pada fakta bahwa ular ini tetap tersembunyi dari pandangan mata selama lebih dari empat puluh tahun di lokasi lapangan yang telah dipelajari dengan sangat baik.

Julie Ray, Universitas Nevada-Reno, Paola Sánchez-Martínez, Abel Batista, Daniel G. Mulcahy, Coleman M. Sheehy III, Eric N. Smith, R. Alexander Pyron, dan Alejandro Arteaga, telah mendeskripsikan spesies baru ini dalam makalah yang diterbitkan di ZooKeys.

Ular pemakan siput yang tersembunyi, Dipsas aparatiritos./Foto: Dr. Julie M. Ray

Dipsas aparatiritos memiliki kepala bulat yang khas dan pola coklat dan hitam dari banyak ular dalam genus ini. Ular ini terlihat sangat mirip dengan kerabat terdekatnya, Dipsas temporalis, yang juga ditemukan di Panama. Sekarang diketahui bahwa D. aparatiritos adalah endemik, atau hanya diketahui dari bagian barat dan tengah negara tersebut.

Panama memiliki keanekaragaman ular yang kaya, dengan lebih dari 150 spesies yang terdokumentasi di negara seluas Irlandia atau negara bagian South Carolina, Amerika Serikat. Ray telah mendokumentasikan lebih dari 55 spesies ular di Parque Nacional General de División Omar Torrijos Herrera, di mana ular yang baru saja dideskripsikan paling baik dipelajari, dan lebih dari 80 spesies di Provinsi Coclé di Panama Tengah. Dia menerbitkan panduan lapangan, ular-ular Panama, pada 2017.

Alex Pyron, Universitas George Washington, mengunjungi Parque Nacional General de División Omar Torrijos Herrera pada Juni 2013 bersama Dr. Frank Burbrink, Museum Sejarah Alam Amerika.

"Itu adalah perjalanan pertama saya ke Amerika Tengah," katanya.

"Kami dapat melihat dampak dari penurunan jumlah amfibi. Namun saya terkejut dengan keragaman dan kelimpahan ular yang masih ada, termasuk spesies pemakan siput yang baru saja kami jelaskan, Geophis bellus yang langka (ular pemakan serasah daun yang hanya diketahui dari satu spesimen sebelum penemuan ini) dan ular karang yang tidak biasa."

Meskipun merupakan spesies baru, Dipsas aparatiritos relatif umum ditemukan di Parque Nacional General de División Omar Torrijos Herrera dan telah dipelajari selama bertahun-tahun sebelum dideskripsikan. Dr. Ray telah menerbitkan sebuah makalah tentang makanan ular pemakan siput, di mana ditemukan bahwa cacing tanah dari bromeliad merupakan bagian besar dari makanan Dipsas aparatiritos.

Dia juga menulis makalah tentang kaskade trofik setelah penurunan jumlah amfibi, di mana ditemukan bahwa Dipsas aparatiritos justru meningkat jumlahnya karena pola makan yang tidak bergantung pada amfibi.

Dipsas aparatiritos sudah dianggap Hampir Terancam berdasarkan standar Daftar Merah IUCN. Ular ini merupakan ular endemik Panama dan berasal dari daerah sebaran yang terbatas di hutan awan di dataran menengah, di mana setidaknya 44% dari keseluruhan daerah sebarannya telah gundul.

Selain itu, karena ular terus diburu oleh manusia, hampir semua spesies ular terancam punah dalam waktu dekat. Para peneliti percaya bahwa upaya-upaya harus dilakukan untuk melestarikan spesies-spesies langka ini, terutama karena begitu banyak spesies yang baru saja dideskripsikan.

"Penelitian ini merupakan kolaborasi sejati para ilmuwan dari berbagai negara yang masing-masing menyumbangkan keahliannya untuk memahami spesies baru ini secara menyeluruh, baik secara morfologi maupun molekuler," kata Dr. Ray.

"Kita berada di masa yang menarik dalam ilmu pengetahuan. Para ahli alam dan ilmuwan harus terus mendokumentasikan alam, masih banyak spesies di luar sana yang belum ditemukan dan dideskripsikan. Penggunaan teknik molekuler sangat menarik dan memfasilitasi konfirmasi begitu banyak spesies baru."

PHYS