Peneliti Temukan 2 Spesies Tumbuhan Karnivora Baru di Ekuador

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Rabu, 05 April 2023

Editor : Redaksi Betahita

BETAHITA.ID - Sebuah tim ahli botani dari Ekuador, Jerman, dan Amerika Serikat telah mendeskripsikan dua spesies baru tumbuhan karnivora dengan penampilan yang mencolok. Dua spesies baru ini diberi nama Pinguicula jimburensis dan Pinguicula ombrophila. Artikel ilmiah yang didedikasikan untuk tumbuhan baru ini diterbitkan dalam jurnal PhytoKeys.

Keduanya adalah bagian dari butterwort (genus Pinguicula), sekelompok tumbuhan berbunga dengan sekitar 115 spesies yang dapat menangkap dan mencerna serangga kecil dengan daunnya yang lengket. Sementara mayoritas spesies butterwort tersebar di belahan bumi utara, dua spesies baru ini ditemukan di Andes yang tinggi di selatan Ekuador, dekat perbatasan dengan Peru.

Tumbuhan karnivora menggunakan hewan (biasanya serangga kecil) sebagai sumber nutrisi tambahan untuk mengkompensasi kekurangan nutrisi pada substrat tempat mereka tumbuh. Hal ini menjadi keunggulan kompetitif dibandingkan tumbuhan lain, dan memungkinkan mereka tumbuh subur di habitat yang menantang. Dataran tinggi tropis Andes memiliki beragam habitat seperti itu, misalnya tanah rawa dan lereng berbatu yang selalu tertutup hujan dan awan.

Dua spesies baru yang dideskripsikan dalam penelitian ini, Pinguicula jimburensis dan Pinguicula ombrophila, ditemukan di pantai laguna dataran tinggi pada ketinggian 3400 m dan pada permukaan batu yang hampir vertikal pada ketinggian 2900 m.

Foto Pinguicula ombrophila sp. november. Foto: Álvaro J. Pérez

Habitat skala kecil mereka terletak di dalam apa yang disebut zona Amotape-Huancabamba, yang meliputi sebagian besar Ekuador selatan dan Peru utara. Daerah ini dicirikan oleh keanekaragaman hayati yang luar biasa, sebagian karena medan yang berat dan iklim yang bervariasi di Andes menyediakan begitu banyak mikrohabitat.

"Dan sekecil dan tersebar seperti habitat spesies yang cocok, demikian juga komposisi spesiesnya," kata penulis senior Tilo Henning dari Leibniz Center for Agricultural Landscape Research (ZALF), yang merupakan spesialis dalam famili tumbuhan ini di wilayah ini.

Rekannya Álvaro Pérez dari Pontifica Universidad Catolica del Ecuador dan timnya adalah yang pertama menemukan Tumbuhan tersebut. Mereka kemudian menghubungi Henning.

"Kedua spesies baru ini hanya diketahui dari satu lokasi, di mana hanya ada beberapa lusin individu tumbuhan dalam setiap kasus."

Hening mengatakan, untuk salah satunya, hanya satu populasi dengan sekitar 15 individu dewasa yang ditemukan, membuatnya rentan meski tersembunyi di daerah terpencil yang sulit diakses. Endemisme yang sempit ini (sebaran terbatas di wilayah tertentu) merupakan ciri khas zona Amotape-Huancabamba, dan masih banyak lagi spesies tumbuhan dan hewan baru yang menunggu untuk ditemukan.

Dengan terdeskripsinya dua spesies baru ini, jumlah spesies Pinguicula yang tercatat di Ekuador menjadi tiga kali lipat, karena sebelumnya hanya P. calyptrata yang diketahui, ditemukan tidak lain oleh Alexander von Humboldt. Para penulis yakin masih banyak lagi spesies baru yang menunggu pengakuan ilmiah formal, tetapi mengakui bahwa akhir-akhir ini berpacu dengan waktu.

Hasil yang disajikan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian keanekaragaman hayati Neotropika masih jauh dari lengkap. Bahkan dalam kelompok terkenal seperti tumbuhan karnivora, taksa baru terus ditemukan dan dideskripsikan, khususnya dari daerah terpencil yang dapat diakses di tentu saja urban sprawl tak terbatas.

"Ini menggembirakan sekaligus mengkhawatirkan. Pemekaran kota tanpa henti dan penghancuran habitat yang menyertainya menimbulkan ancaman besar bagi keanekaragaman hayati secara umum, dan bagi organisme yang terjalin erat dan terspesialisasi yang bergantung pada mikrohabitat mereka yang rapuh pada khususnya," kata Henning.

Meskipun kedua spesies baru ini relatif aman dari campur tangan manusia secara langsung—karena keduanya terdapat di dalam kawasan lindung—perubahan iklim akibat ulah manusia semakin memengaruhi ekosistem di mana pun lokasinya, terutama ekosistem yang bergantung pada curah hujan reguler, seperti lahan basah pegunungan.

Ketergantungan pada iklim konstan bahkan tercermin dalam nama salah satu dari dua spesies baru Pinguicula ombrophila berarti "butterwort yang menyukai hujan". Karena tumbuhan lebih menyukai kondisi yang sangat basah, menerima kelembapan dari tanah paramo yang tergenang air dan sering menikmatinya. hujan dan kabut khas daerah ini.

PHYS