Taman Nasional Garamba di Kongo Kembali Dihuni Badak Putih

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Minggu, 25 Juni 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Sebanyak 16 individu badak putih selatan (Ceratotherium simum simum) diperkenalkan kembali ke Taman Nasional Garamba di Republik Demokratik Kongo, dari Beyond Phinda Private Game Reserve di Afrika Selatan. Reintroduksi ini dianggap sebagai upaya terobosan untuk memulihkan keseimbangan ekologi salah satu taman nasional tertua di Afrika itu.

Dilansir dari African Parks, translokasi ini dicapai melalui kolaborasi dengan Institut Congolais pour la Conservation de la Nature (ICCN), Taman Afrika dan Beyond, dan disponsori oleh Barrick Gold Corporation yang telah mendukung proyek tersebut selama beberapa tahun ke depan. 

Translokasi ini merupakan bagian dari inisiatif konservasi yang lebih besar dalam Kompleks Garamba (GC) untuk memulihkan kekayaan komplemen megaherbivora di taman tersebut setelah badak putih utara terakhir diburu pada 2006, dan sejak itu telah punah secara fungsional sebagai sub-spesies.

Memperkenalkan badak putih selatan ke daerah ini akan meningkatkan kontribusi Taman Nasional Garamba terhadap ekonomi satwa liar Republik Demokratik Kongo, memastikan bahwa konservasi bentang alam negara yang luar biasa menghasilkan manfaat jangka panjang bagi masyarakat lokal dan semua warga Kongo.

Enam belas badak putih selatan telah dipindahkan dari Beyond Phinda Private Game Reserve di KwaZulu-Natal ke Taman Nasional Garamba di Republik Demokratik Kongo. Foto: Wolfgang Kaehler/LightRocket via Getty Images

“Kembalinya badak putih ke Republik Demokratik Kongo adalah bukti komitmen negara kami terhadap konservasi keanekaragaman hayati. Karena Garamba siap menjadi suaka yang penting secara global bagi megaherbivora, memperkenalkan badak putih selatan ke negara ini merupakan langkah penting dalam memajukan kontribusi kami untuk konservasi badak di Afrika," kata Milan Ngangay Yves, Direktur Jenderal ICCN.

16 badak tersebut berasal dari Beyond Phinda Private Game Reserve di Kwa-Zulu Natal (KZN), Afrika Selatan, di dalam Mun-Ya-Wana Conservancy. Badak itu diterbangkan dalam dua langkah dari Afrika Selatan ke lapangan terbang Tambang Kibali milik Barrick di DRC timur laut dan kemudian diangkut dengan truk ke Taman Nasional Garamba.

Reintroduksi ini merupakan bagian dari keseluruhan strategi untuk mempromosikan konservasi jangka panjang badak putih di Afrika dengan memperluas jangkauan mereka dan menciptakan nodus perkembangbiakan baru untuk spesies tersebut di daerah yang aman. Staf profesional dan dokter hewan yang berkualifikasi akan mengawasi aklimatisasi badak di Garamba.

"Upaya untuk menyelamatkan badak putih utara adalah kasus 'terlalu sedikit terlambat' dan tidak boleh dibiarkan terjadi lagi. Sekarang Garamba adalah lokasi yang aman dan memiliki perlindungan yang tepat di tempat, reintroduksi ini adalah awal dari proses di mana badak putih selatan sebagai alternatif genetik terdekat dapat memenuhi peran badak putih utara di lanskap," kata Peter Fearnhead, CEO Taman Afrika,

Awalnya dianggap punah pada akhir abad ke-19, populasi kecil kurang dari seratus badak putih selatan ditemukan di KwaZulu Natal pada 1895. Melalui upaya konservasi khusus selama satu abad, populasinya telah tumbuh secara signifikan, mencapai antara 19.600 dan 21.000 individu yang tinggal di kawasan lindung dan cagar alam pribadi, terutama di Afrika Selatan. Hari ini mereka diklasifikasikan dalam Daftar Merah IUCN sebagai Hampir Terancam.

Namun, beberapa tahun terakhir populasi badak putih mengalami penurunan baru karena perburuan liar dengan populasi saat ini diperkirakan lebih dari 15.000 ekor. Langkah proaktif ke Garamba bertujuan untuk mengisi kembali daerah di mana badak telah punah secara lokal dan membentuk populasi yang sehat di lokasi yang aman. Upaya strategis ini menjanjikan bagi spesies.

Dale Wepener, Manajer Konservasi Beyond Phinda, mengatakan, translokasi konservasi telah terbukti menjadi alat penting dalam mengamankan kelangsungan hidup spesies yang terancam punah, seperti badak. Pihaknya percaya translokasi dan introduksi konservasi terbaru ini adalah cara untuk melindungi spesies dengan menciptakan habitat baru yang aman dan terjamin bagi spesies tersebut.

Badak tambahan rencananya akan dipindahkan ke Taman Nasional Garamba selama beberapa tahun ke depan untuk menciptakan populasi pembiakan yang layak.