Petani Merica Loeha Raya Kirim Surat Terbuka ke Kaisar Jepang

Penulis : Petani Merica dan Perempuan Loeha Raya Kirim Surat Terbuka ke Kaisar Jepang

Tambang

Selasa, 20 Juni 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Surat terbuka ini disampaikan saat Kaisar Jepang, Hironomiya Naruhito, tengah melawat ke Indonesia. Para petani dan perwakilan perempuan itu menyampaikan bahwa kehidupan kini tengah terancam oleh perluasan tambang nikel PT Vale Indonesia di Blok Tanamalia atau pegunungan Lumereo.

Sebanyak 15 persen pemegang saham di perusahaan tersebut adalah perusahaan Jepang yakni Sumitomo Metal Mining (SMM). 

“Melalui surat terbuka ini, kami ribuan petani merica dan perempuan di Loeha Raya dan Mahalona Raya, yang hidup di sekitar Pegunungan Lumereo ingin meminta perhatian, bantuan dan pertolongan agar yang mulia Kaisar dapat melindungi hidup kami yang saat ini terancam oleh tambang nikel PT Vale Indonesia,” tulis surat yang diterima redaksi pada Senin (19/6/2023).

Saat ini, aku mereka, kehidupan warga cukup sejahtera dari kebun merica yang mereka tanam dan pelihara sejak 20 tahun lalu. Hasil berkebun ini dapat mereka gunakan untuk  membangun rumah, membeli kendaraan, hingga menyekolahkan anak hingga perguruan tinggi. Warga tidak pernah berharap kehidupan mereka miskin miskin akibat kebun-kebun dirusak demi perluasan tambang nikel PT Vale Indonesia, yang salah satu pemegang sahamnya merupakan perusahaan Jepang. 

Pemasangan spanduk tolak tambang PT Vale di Blok Tanamalia oleh warga di Luwu Timur, Sulawesi Selatan. SUmber: Walhu Sulsel

“Kami juga tidak berharap perusahaan dan pemerintah Jepang dapat keuntungan dan pajak yang sangat besar dari nikel PT Vale Indonesia, sementara kebun merica kami dirusak, hidup kami, hidup anak dan istri serta keluarga kami miskin,” lanjut mereka. 

Selain kebun-kebun merica yang akan dirusak dan digusur, perluasan tambang nikel PT Vale Indonesia juga akan merusak ekosistem hutan hujan. Ekosistem ini merupakan habitat flora dan fauna endemik Sulawesi sekaligus penyangga utama kehidupan masyarakat, serta ekosistem Danau Towuti. 

Overlay peta konsesi PT Vale di blok tanamalia dengan desa di Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Sumber d

Ekosistem hutan hujan yang membentang di Pegunungan Verbeek adalah ekosistem yang sangat esensial bagi kehidupan warga dan generasi mendatang. Jika hutan hujan itu rusak maka tak hanya bencana yang akan mendatangi warga melainkan juga fauna endemik Sulawesi. 

Surat terbuka ini ditandatangani oleh lima warga dan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulawesi Selatan, Muhammad Al Amin.