Kawanan 55 Paus Pilot Mati Terdampar di Pantai di Skotlandia

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Kamis, 20 Juli 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Sekelompok paus pilot yang terdiri dari 55 ekor mati, setelah ditemukan terdampar di sebuah pantai di Skotlandia. Para ahli kelautan menyebut peristiwa terdamparnya paus massal ini adalah yang terburuk di daerah tersebut.

Tim penyelamat laut, penjaga pantai dan polisi dipanggil ke pantai Traigh Mhor di Isle of Lewis di barat laut Skotlandia, setelah menerima laporan bahwa puluhan mamalia itu berada dalam kesulitan di sana pada Minggu (16/7/2023) pagi kemarin.

Penyelamat Kehidupan Laut Inggris menemukan hanya 15 paus--campuran paus dewasa dan anak paus--yang masih hidup, dan berusaha mengapungkan kembali dua dari hewan yang lebih aktif yang berada di dasar air.

Namun, pada Minggu sore, tim penyelamat memutuskan bahwa paus yang tersisa harus disuntik mati dengan alasan kesejahteraan, setelah mempertimbangkan pantai yang dangkal, kondisi ombak yang besar, dan berapa lama paus-paus tersebut berada di luar air.

Sebanyak 55 ekor paus pilot mati setelah terdampar di sebuah pantai di Skotlandia. Foto: Associated Press

Badan amal tersebut mengatakan seluruh kawanan paus tersebut mungkin telah mengikuti seekor paus betina ke pantai, ketika mengalami masalah saat melahirkan.

"Paus pilot terkenal dengan ikatan sosialnya yang kuat, sehingga sering kali ketika satu paus mengalami kesulitan dan terdampar, yang lain mengikuti," katanya dalam sebuah pernyataan. "Hasil yang menyedihkan bagi kawanan ini dan jelas bukan hasil yang kita semua harapkan."

Para ahli mulai melakukan pemeriksaan post-mortem pada hari Senin (17/7/2023) untuk menentukan apa yang menyebabkan kematian paus-paus tersebut. Andrew Brownlow, dari Skema Penanganan Hewan Laut Skotlandia, mengatakan hal itu akan menjadi "tugas yang monumental."

"Dalam hal jumlah hewan yang menjadi korban, ini adalah yang terbesar yang pernah kami alami," katanya kepada BBC.

Para ahli akan mengambil sampel dan data dari beberapa paus, dan jasad-jasadnya akan dibawa ke tempat pembuangan akhir dan dikuburkan setelah proses post-mortem selesai.

AP News