51 Paus Pilot Mati setelah Terdampar Massal di Australia

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Jumat, 28 Juli 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Sebanyak 51 ekor paus pilot dilaporkan mati secara masal setelah terdampar dan gagal diselamatkan, di pesisir Pantai Cheynes yang berada di Australia Barat, Selasa, 25 Juli 2023 kemarin. Sedangkan 46 ekor lainnya berhasil dikembalikan ke perairan dan terselamatkan.

"Sayangnya, 51 paus mati semalam setelah terdampar massal," kata Dinas Taman dan Margasatwa Australia Barat dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters.

"(Kami) bekerja dalam kemitraan dengan sukarelawan terdaftar dan organisasi lain untuk mencoba mengembalikan 46 paus yang tersisa ke perairan yang lebih dalam sepanjang hari," lanjut dinas tersebut.

Fenomena 97 ekor paus pilot terdampar, dan 51 ekor di antaranya mati ini membuat bingung para pejabat dan ilmuwan. Dilansir dari The Guardian, para pejabat dibingungkan oleh perilaku luar biasa dari sekelompok besar paus pilot yang berkumpul bersama dalam bentuk hati sebelum terdampar di pantai Australia Barat yang terpencil.

Staf dan sukarelawan badan pemerintah telah bekerja untuk menyelamatkan 46 paus pilot yang terdampar di pantai Cheynes. Foto: AFP/Departemen Keanekaragaman Hayati, Konservasi dan Atraksi Australia Barat.

Rekaman drone menangkap momen ketika hampir 100 paus pilot bersirip panjang bergerak bersama-sama sebelum terdampar di pantai Cheynes sekitar 60 km timur Albany pada Selasa malam. Pada Rabu pagi, lebih dari 50 paus tergeletak mati di pantai, dengan sukarelawan, pekerja pemerintah, dan ilmuwan berjuang untuk menyelamatkan 46 lainnya.

Menteri Lingkungan WA, Reece Whitby, mengatakan para peneliti dari seluruh Australia dibuat bingung oleh perilaku paus yang belum pernah terlihat sebelumnya pada jam-jam menjelang terdampar.

“Gambar-gambar yang kami lihat di lepas pantai itu unik,” kata Whitby.

“Sangat luar biasa dari dasar ilmiah dalam hal belajar tentang terdampar. Departemen Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Atraksi [staf], ketika mereka melihat gambar-gambar itu, menghubungi rekan-rekan mereka di seluruh Australia; mereka berhubungan dengan yurisdiksi lain yang mengalami keterdamparan massal. Umpan balik yang kami dapatkan adalah kami belum pernah melihat ini sebelumnya.”

Setelah berjaga di tepi air semalaman, operasi penyelamatan dimulai pada Rabu pagi menggunakan gendongan untuk menyeret paus pilot ke laut. Beratnya sekitar 1.000 kg dan panjangnya mencapai 4 meter.

Upaya penyelamatan paus pilot ini melibatkan lebih dari 70 sukarelawan dan 90 staf dari berbagai lembaga pemerintah berada di pantai, dengan puluhan orang bergiliran mendorong paus--banyak yang berguling dan tidak mampu menahan diri di perairan dangkal.

Upaya untuk menggiring beberapa paus pilot kembali ke perairan yang lebih dalam pada Rabu sore tidak berhasil, karena mamalia laut itu kembali terdampar. Orang-orang menyeret paus pilot yang kembali ke pantai di mana tim yang terdiri dari enam dokter hewan dari kebun binatang Perth dan Albany bekerja untuk menilai mereka. Kesejahteraan hewan, bukan penyelamatan, adalah prioritas baru.

Digambarkan, relawan membawa ember berisi air untuk dituangkan ke atas paus pilot yang terserang. Sebelumnya, sebuah traktor juga digunakan untuk mengangkut paus pilot yang mati ke pasir kering, di mana para peneliti mulai mengambil sampel lemak dan gigi untuk mencoba memahami mengapa mamalia tersebut terdampar.

Ahli biologi kelautan Universitas Murdoch Dr Joshua Smith mengatakan paus pilot memiliki jaringan sosial yang erat dan bersatu ketika terjadi kesalahan.

Petugas lingkungan DBCA Peter Harley mengatakan, sebelumnya pada Rabu penyelamatan akan berlanjut sepanjang hari sampai paus yang masih hidup di air menunjukkan tanda-tanda mereka bisa berenang. Dia berkata ketika hewan-hewan itu bisa mengangkat diri, mereka akan dibawa ke laut dan jauh dari bahaya singkapan batu di dekatnya.

"Apa yang akan kami lakukan sore ini untuk mencoba membimbing paus, adalah bahwa kami akan menggunakan kapal dan kami memiliki beberapa sukarelawan yang datang dengan kayak dan kami akan membujuk mereka dengan lembut ke dalam air dan memberi mereka kesempatan terbaik untuk bertahan hidup," kata Harley. Sebelum paus pilot terdampar untuk kedua kalinya.

"Skenario terburuknya adalah mereka berbalik seperti yang telah mereka lakukan sebelumnya dan mereka kembali ke pantai dan kemudian kita mulai dari awal lagi."

Beberapa relawan mengkritisi bahwa upaya penyelamatan tidak dimulai saat fajar menyingsing, tetapi Whitby mengatakan departemen telah bekerja untuk menyelamatkan paus sebanyak mungkin sambil juga melindungi relawan.

Pada pukul 11.00 waktu setempat, pantai sudah dipenuhi oleh para sukarelawan yang mencoba menghangatkan diri dengan botol air panas dan teh setelah menghabiskan waktu hingga empat jam di dalam air yang dingin. Beberapa begitu terikat pada paus pilot yang telah mereka dukung sehingga merasa sedih untuk pergi.

Relawan lokal Kaysanne Knunckey mengatakan dia berada di laut setinggi pinggang dari pukul 7.30 pagi sampai setelah pukul 11 pagi--menarik mamalia hidup kembali ke air dan menopang mereka dengan bantuan gendongan.

“Membeku dan sulit untuk berdiri diam hanya dengan memegang ikan paus,” kata Knuckey. “Suasananya cukup positif dan semua orang hanya mencoba memikirkan sisi baiknya. Sangat memilukan bahwa begitu banyak yang telah terdampar sendiri.

Ilmuwan satwa liar Universitas Macquarie Dr Vanessa Pirotta mengatakan mengapa paus terdampar tetap menjadi misteri.

"Fakta bahwa mereka berada di satu area sangat berkerumun dan melakukan perilaku yang sangat menarik dan kadang-kadang melihat sekeliling menunjukkan bahwa ada hal lain yang terjadi yang tidak kita ketahui," katanya.

Menganalisis rekaman itu, Pirotta mengatakan seekor paus mungkin sakit atau kawanannya mungkin mengalami disorientasi, tetapi kecil kemungkinannya mereka berusaha menghindari pemangsa.

Lebih dari 130 paus mati terdampar massal di Australia Barat pada awal 2018 di Teluk Hamelin di selatan Perth. Paus terdampar massal terbesar di Australia Barat terjadi pada 1996, ketika 320 paus pilot bersirip panjang terdampar di Dunsborough.