Pemanasan Global dapat Sebabkan 1 Miliar Kematian Abad Mendatang

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Perubahan Iklim

Jumat, 01 September 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Jika pemanasan global mencapai atau melampaui dua derajat Celcius pada 2100, kemungkinan besar orang-orang kaya akan bertanggung jawab atas kematian sekitar satu miliar orang-orang miskin pada abad mendatang, menurut Joshua Pearce dari University of Western Ontario.

Industri minyak dan gas, yang mencakup banyak bisnis yang paling menguntungkan dan berkuasa di dunia, secara langsung dan tidak langsung bertanggung jawab atas lebih dari 40 persen emisi karbon--yang berdampak pada kehidupan miliaran orang, banyak di antaranya tinggal di wilayah paling terpencil dan komunitas terpencil dengan sumber daya rendah di dunia.

Sebuah studi baru mengusulkan kebijakan energi yang agresif yang akan memungkinkan penurunan emisi karbon secara langsung dan substantif dan merekomendasikan tindakan pemerintah, perusahaan dan warga negara yang lebih tinggi untuk mempercepat dekarbonisasi ekonomi global, yang bertujuan untuk meminimalkan jumlah kematian manusia yang diproyeksikan.

"Kematian massal seperti itu jelas tidak dapat diterima. Sangat menakutkan, terutama bagi anak-anak kita," kata Pearce, John M. Thompson Chair di bidang Teknologi Informasi dan Inovasi dari Western dan penulis utama studi tersebut.

Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) bertenaga batu bara melepaskan emisi karbon dioksida, yang menjadi salah satu faktor terbesar pemanasan global saat ini. Foto: loe.org

"Ketika para ilmuwan iklim menjalankan model mereka dan kemudian melaporkannya, semua orang cenderung bersikap konservatif, karena tidak ada yang ingin terdengar seperti Doctor Doom. Kami telah melakukan hal tersebut di sini dan tetap saja tidak terlihat bagus," imbuhnya.

Ulasan utama dari lebih dari 180 artikel dari literatur ilmiah, yang ditulis bersama oleh Richard Parncutt dari Universitas Graz (Austria), telah diterbitkan di Energies.

Pearce dan Parncutt menemukan, literatur yang telah ditelaah oleh rekan sejawat mengenai biaya kematian manusia akibat emisi karbon menyatu dalam "aturan 1.000 ton", yang merupakan perkiraan bahwa satu kematian dini di masa depan terjadi setiap kali sekitar 1.000 ton karbon fosil dibakar.

"Angka energi seperti megawatt sangat berarti bagi para insinyur energi seperti saya, tetapi tidak bagi kebanyakan orang. Demikian pula, ketika para ilmuwan iklim berbicara tentang bagian per juta karbon dioksida, itu tidak berarti apa-apa bagi kebanyakan orang. Beberapa derajat kenaikan suhu rata-rata juga tidak intuitif. Namun, jumlah tubuh adalah sesuatu yang kita semua pahami," kata Pearce, seorang profesor dari Western Engineering dan Ivey Business School.

"Jika Anda menganggap serius konsensus ilmiah tentang aturan 1.000 ton, dan menjalankan angka-angkanya, pemanasan global antropogenik setara dengan satu miliar mayat prematur selama abad berikutnya. Jelas, kita harus bertindak. Dan kita harus bertindak cepat."

Pearce, yang merupakan pakar kebijakan energi, berharap dengan mengubah dan menantang bahasa dan metrik pemanasan global, lebih banyak pembuat kebijakan dan pemimpin industri akan lebih memahami kebenaran yang sulit tentang ketergantungan dunia pada bahan bakar fosil.

"Seiring dengan semakin jelasnya prediksi model iklim, bahaya yang kita lakukan terhadap anak-anak dan generasi mendatang semakin dapat dikaitkan dengan tindakan kita," kata Pearce.

Ketika korelasi langsung ini diakui, kewajiban emisi gas rumah kaca tidak dapat lagi diabaikan. Studi ini menemukan, untuk membatasi tanggung jawab masa depan yang sangat besar ini dan menyelamatkan banyak nyawa manusia, umat manusia harus berhenti membakar bahan bakar fosil secepat mungkin dengan mengikuti pendekatan yang lebih agresif terhadap efisiensi energi dan energi terbarukan.

Menurut studi tersebut, kebijakan energi untuk mengurangi perubahan iklim harus diprioritaskan pada bidang-bidang utama berikut ini:

Peningkatan konservasi dan efisiensi energi serta penggunaan energi secara rasional, yang didukung oleh program-program pemerintah untuk industri, pertanian, transportasi, perumahan, dan rumah tangga.

Penggantian total bahan bakar berkarbon tinggi (batu bara, minyak, dan gas alam) dengan bahan bakar berkadar karbon nol (seperti hidrogen, listrik, dan lain-lain) dari sumber energi terbarukan seperti tenaga air, angin, panas bumi, biomassa, dan matahari, yang ditingkatkan dan didistribusikan untuk menciptakan jaringan listrik yang tangguh.

Pengembangan teknologi untuk pengelolaan limbah karbon dan penangkapan serta penyimpanan CO2 secara alami, termasuk penyerapan karbon dan pertanian regeneratif.

Penggantian subsidi karbon dengan pajak karbon.

"Yang jelas, memprediksi masa depan secara akurat itu sulit. Aturan 1.000 ton hanya merupakan perkiraan terbaik. Jumlah kematian yang disebabkan kemungkinan akan berada di antara sepersepuluh orang dan 10 orang per 1.000 ton. Terlepas dari itu, intinya adalah bahwa kita harus bertindak cepat," jelas Pearce.

"Pemanasan global adalah masalah hidup atau mati bagi satu miliar orang. Hampir semua orang setuju bahwa setiap nyawa manusia sangat berharga, terlepas dari usia, latar belakang budaya atau ras, jenis kelamin, atau sumber daya keuangan. Oleh karena itu, transisi energi harus berubah jauh lebih cepat, mulai dari sekarang," imbuhnya.

PHYS.org