7 Spesies Serangga Daun Baru Ditemukan, 2 dari Indonesia

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Selasa, 12 September 2023

Editor :

BETAHITA.ID - Baru-baru ini para ahli entomologi internasional telah mendeskripsikan tujuh spesies baru dari genus serangga daun Phullium dan Pulchriphyllium. Dua spesies di antaranya berasal dari Indonesia. Penemuan ini dideskripsikan dalam sebuah makalah yang diterbitkan di jurnal ZooKeys.

Dilansir dari SCI News, serangga tongkat dan daun (phasmid) adalah kelompok yang telah mengembangkan adaptasi morfologi yang luar biasa untuk kamuflase botani dan mimikri. Saat ini, kelompok ini mencakup lebih dari 3.000 spesies yang telah diketahui dan tersebar di sebagian besar wilayah di dunia, dengan puluhan spesies baru yang dideskripsikan setiap tahunnya.

Meskipun sebagian besar menyerupai batang, kulit kayu, dan ranting, contoh mimikri yang lebih langka seperti lumut, lumut, dan daun juga ada, yang memungkinkan phasmid untuk berbaur dengan mulus dalam habitat arboreal mereka.

Selain itu, serangga ini biasanya aktif di malam hari, dengan sedikit atau tidak ada gerakan di siang hari ketika predator yang berorientasi visual paling aktif. Bahkan di malam hari gerakan phasmid seringkali lambat dan disengaja, meniru goyangan daun atau ranting.

Serangga daun betina dewasa hidup menunjukkan variabilitas warna antargenerik dan intraspesifik: (A) Pulchriphyllium anangu difoto dekat Agumbe, India pada 17 Mei 2022 oleh pengguna iNaturalist vishwanathgowda; (B, C) Phyllium ortizi dipelihara dan difoto oleh Maxime Ortiz dari Perancis di penangkaran: (B) betina berbentuk coklat, (C) betina berbentuk hijau. Gambar: Vishwanath Gowda/Maxime Ortiz/Cumming dkk.

Salah satu kelompok phasmid yang meniru morfologi daun umum tanaman berbunga dengan sangat baik adalah Phylliidae, atau serangga daun sejati. Para ahli penyamaran daun ini tersebar luas di wilayah tropis Asia, Australasia, dan Pasifik.

Bentuk tubuh mereka yang pipih ditambah dengan pola venasi seperti daun di sayap depan menghasilkan simulasi daun tanaman pada phylliids betina. Keragaman warna dan pola yang mewakili berbagai tahap pembusukan daun memberikan mimikri yang luar biasa pada serangga daun.

"Individu dari spesies serangga daun yang berbeda sering dianggap berasal dari spesies yang sama berdasarkan penampilan mereka. Kami hanya dapat mengidentifikasi beberapa spesies baru berdasarkan karakteristik genetik mereka," kata Dr. Sarah Bank-Aubin dari Universitas Göttingen.

Tujuh spesies serangga daun baru itu adalah Phyllium iyadaon dari Pulau Mindoro-Filipina, Phyllium samarense dari Pulau Samar-Filipina, Phyllium ortizi dari Pulau Mindanao-Filipina, Pulchriphyllium heracles dari Vietnam, Pulchriphyllium delislei dari Kalimantan Selatan, Pulchriphyllium bhaskarai dari Jawa, dan Pulchriphyllium anangu dari barat daya India.

Dr. Sarah mengatakan, beberapa individu serangga dari India sebelumnya dianggap berasal dari spesies yang tersebar luas di Asia Tenggara. Tapi sekarang pihaknya menemukan mereka adalah spesies serangga daun yang sama sekali baru.

Temuan ini dianggap penting untuk konservasi spesies. Jika semua individu mati di India, bukan hanya kelompok dalam spesies yang berkurang, seperti yang diperkirakan sebelumnya. Faktanya, seluruh spesies yang berbeda sedang dimusnahkan. Ini berarti bahwa spesies India sangat penting untuk dilindungi.

"Ada sekitar 3.500 spesies serangga tongkat dan daun yang diketahui dan hanya ada 100-an spesies serangga daun yang telah dideskripsikan," kata Dr. Sven Bradler, yang juga berasal dari University of Göttingen.

"Meskipun mereka hanya merupakan sebagian kecil dari keluarga serangga yang beragam, penampilan mereka yang spektakuler dan tak terduga membuat mereka unik."