Banyak Gajah Afrika Mati Ketika Migrasi Paksa Karena Panas

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Kamis, 21 September 2023

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Krisis iklim mendorong gajah melakukan migrasi paksa melintasi perbatasan di Afrika bagian selatan untuk mencari air. Hal ini menyebabkan masalah bagi taman nasional dan upaya konservasi. 

Dalam beberapa pekan terakhir, gajah-gajah Zimbabwe telah melintasi perbatasan negaranya menuju Botswana, menurut otoritas lokal. Survei bulan ini mengungkapkan bahwa sejumlah gajah mati karena tekanan panas. Belum diketahui secara pasti berapa banyak gajah yang terdampak. 

Angola, Botswana, Namibia, Zambia, dan Zimbabwe merupakan rumah bagi separuh gajah sabana (semak Afrika) di dunia. Dari 228.000 ekor gajah tersebut, survei melaporkan “rasio bangkai (kematian)” sebesar 10,5%.

Survei ini mencakup kawasan konservasi Lintas Batas Kavango-Zambezi, salah satu kawasan konservasi satwa liar terbesar di dunia, seluas 520.000 km persegi di dalam perbatasan lima negara bagian. “Rasio karkas menunjukkan tingginya tingkat kematian sehingga memerlukan penyelidikan lebih lanjut sebagai tanda peringatan potensial bagi kesehatan dan stabilitas populasi gajah,” kata laporan tersebut, dikutip Guardian, Rabu, 20 September 2023. 

Dalam survei pada Agustus 2023, otoritas lokal menemukan rasio kematian gajah yang bermigrasi di Afrika sebesar 10,5%. Satwa tersebut melakukan migrasi paksa karena tekanan panas yang didorong oleh krisis ikli. Dok. OnlyAnimals.org

Namun di Zimbabwe, populasi gajah hingga saat ini terus meningkat. Hal ini memberikan tekanan pada keanekaragaman hayati dan menyebabkan bentrokan dengan masyarakat lokal karena hewan-hewan tersebut memasuki habitat manusia untuk mencari air. Menurut data pemerintah, 60 warga Zimbabwe telah terbunuh karena gajah sepanjang tahun 2023.

“Gajah itu tidak mengenal batas – mereka bergerak mencari air dan makanan,” kata Tinashe Farawo, juru bicara Otoritas Pengelolaan Taman dan Margasatwa Zimbabwe (Zimparks). 

“Kami sudah mempunyai langkah-langkah mitigasi, namun ada beberapa hal yang berada di luar jangkauan kami, seperti tidak adanya hujan. Saat ini kami lebih mengandalkan air buatan dari lubang bor. Ini adalah proses yang mahal,” tambahnya. 

Farawo menambahkan kerbau dan “semua jenis hewan yang ada di taman nasional Hwange” juga meninggalkan kawasan dalam jumlah besar.

Menurut Zimparks, Zimbabwe diperkirakan memiliki 100.000 gajah, dan pihak berwenang telah melaporkan kelebihan populasi di wilayah seperti Hwange, yang luasnya lebih dari 14.600 km persegi dan merupakan rumah bagi sekitar 50.000 gajah.

“Saya tidak bisa menghitung berapa banyak gajah yang berpindah – apakah ratusan atau ribuan – tapi jumlahnya banyak,” kata Farawo tentang migrasi yang dimulai pada bulan Agustus tahun ini. 

Dalam upaya mengurangi kelebihan populasi di Hwange, pihak berwenang tahun lalu merencanakan pengangkutan gajah ke daerah lain, seperti Gonarezhou di Zimbabwe tenggara, dekat perbatasan dengan Mozambik. Namun Farawo mengatakan kurangnya sumber daya telah menghentikan rencana tersebut. 

“Tidak ada translokasi hewan. Kami ingin sekali mengurangi kemacetan, tapi saat ini belum ada hal seperti itu,” katanya.

Sementara itu, Zimbabwe telah melobi Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Terancam Punah untuk sementara waktu mencabut larangan penjualan gading gajah, yang menurut mereka terus meningkat, dan berpendapat bahwa hasil penjualan satu kali dapat digunakan untuk meningkatkan upaya konservasinya.