Industri Fashion Diminta Tidak Gunakan Listrik dari Biomassa

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Energi

Kamis, 28 September 2023

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID - Sejumlah organisasi masyarakat sipil Indonesia dan think tank internasional menyerukan kepada industri fesyen untuk mengesampingkan biomassa demi memastikan transisi energi bersih dari bahan bakar fosil ke tenaga surya dan angin. Seruan itu disampaikan melalui surat terbuka, Selasa (26/9/2023) lalu.

Ada 16 organisasi masyarakat sipil yang terlibat dalam surat terbuka itu yakni, Kanopi Hijau Indonesia, Auriga Nusantara, Koaksi Indonesia, Trend Asia, Walhi, Srikandi Lestari, AEER, PENA Masyarakat, Traction Energy Asia, Koprol Iklim, Sajogyo Institute, YLBHI, 350 Indonesia, Enter Nusantara, dan Rainforest Action Network (RAN).

Surat terbuka untuk industri fesyen global itu isinya mendesak merek-merek fesyen untuk mempertimbangkan kembali penggunaan biomassa sebagai alternatif bahan bakar fosil dalam rantai pasok mereka untuk melindungi hutan. 

Dalam surat terbuka, kelompok masyarakat sipil itu menyebut merek-merek fashion seperti H&M, Adidas, dan Zara berencana mengganti batu bara dengan biomassa, tetapi ini merupakan taktik greenwashing yang akan menunda transisi ke energi terbarukan yang benar-benar bersih.

Penggiat lingkungan membentangkan poster yang mendesak berhentinya PLTU batu bara, termasuk dengan campuran biomassa, program pemerintah yang dikhawatirkan dapat memicu deforestasi. Dok Trend Asia

Produksi biomassa meningkatkan risiko deforestasi, mengancam hutan tropis yang kaya akan keanekaragaman hayati, habitat bagi hewan-hewan yang terancam punah, mata pencaharian bagi masyarakat lokal, dan pertahanan penting terhadap perubahan iklim.

Menurut masyarakat sipil, industri fashion seharusnya menghentikan penggunaan bahan bakar fosil, menghentikan praktik pembakaran biomassa, dan mempercepat adopsi sumber energi yang benar-benar bersih seperti tenaga surya dan angin.

Kelompok masyarakat sipil mengungkapkan, Pemerintah Indonesia berencana untuk mengganti 5-10% porsi batu bara di pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dengan biomassa, seperti serbuk gergaji, pelet kayu, cangkang kelapa sawit, dan sekam padi. 

"Perkebunan tanaman energi untuk memenuhi suplai 10 juta ton biomassa yang diperlukan berisiko menghilangkan hutan alam seluas 35 kali provinsi Jakarta."

Menurut Trend Asia, peningkatan perkebunan tanaman energi untuk memenuhi suplai 10 juta ton biomassa yang diperlukan, dapat berisiko hilangnya lebih dari 2 juta hektare hutan alam--setara dengan 35 kali luas provinsi Jakarta atau 3,27 juta lapangan sepak bola.

Indonesia memiliki salah satu hutan tropis terluas yang tersisa di dunia, termasuk satu-satunya habitat alami orangutan sumatera yang terancam punah dan rumah bagi beragam masyarakat adat. Namun, surga ini semakin tergusur oleh deforestasi yang sebagian besar disebabkan oleh industri kayu, bubur kayu, dan kelapa sawit. 

Perluasan perkebunan monokultur untuk tanaman energi berpotensi semakin mencederai hak asasi manusia, yang di dalamnya termasuk ketahanan pangan, kualitas udara, mata pencaharian dan kesejahteraan masyarakat. 

Industri fashion mendorong permintaan bahan bakar kontroversial ini dengan mempromosikan biomassa sebagai alternatif batu bara untuk semua pemasok mereka di Asia Tenggara. Klaim bahwa biomassa bersifat netral karbon biasanya didasarkan pada celah akuntansi yang mengasumsikan bahwa pohon dan tanaman akan tumbuh kembali dan mengembalikan CO2 yang dilepaskan ke atmosfer dari deforestasi yang terjadi adalah sebuah klaim yang telah dibantah oleh para ilmuwan iklim.

Terlebih lagi, biomassa kayu sebenarnya menghasilkan lebih banyak emisi rumah kaca per kilowatt jam listrik daripada batu bara karena CO2 dihasilkan pada setiap tahap pemanenan, pemrosesan, dan transportasi. 

Oleh karena itu, jika berbagai merek fashion tersebut benar-benar serius tentang keberlanjutan, mereka harus fokus pada penghapusan batu bara secara bertahap serta tidak menggunakan pembakaran biomassa untuk mendorong transisi energi yang lebih bersih dan lebih ramah lingkungan.

"Transisi energi seharusnya mengeksklusi (mengeluarkan) biomassa dari sumber energi terbarukan. Penelitian Trend Asia menunjukkan bahwa penggunaan biomassa kayu di pembangkit listrik termal dapat menghasilkan surplus emisi hingga 26,48 juta ton emisi setara karbon," ungkap Amalya R. Oktaviani, Manajer Portofolio Bioenergi, Trend Asia, Rabu (27/9/2023).

Selain pembakarannya memproduksi particulate matter dan nitrogen oksida yang berbahaya bagi kesehatan, ujar Amalya, implikasi buruk penggunaan biomassa tidak hanya berhenti di situ, ekspansi perkebunan monokultur untuk memproduksi biomassa akan mengakibatkan deforestasi, perampasan lahan, memperuncing konflik sosial, dan ancaman bagi ketahanan pangan.

Contoh nyatanya, bisa dilihat pada pengembangan biomassa di Merauke, Papua Selatan, yang sudah merampas hutan masyarakat adat dan menyebabkan kematian akibat kerawanan pangan. Contoh lain adalah praktik tipu-tipu pengembangan pembangkit listrik biomassa di Kepulauan Mentawai, yang mengancam hutan beserta eksistensi komunitas masyarakat adat Mentawai.

Amalya menuturkan, pengelolaan kebun monokultur juga akan menyumbang limbah yang mencemari air, tanah, dan udara. Jika industri fashion bersikeras menggunakan biomassa agar dianggap telah bertransisi menuju energi terbarukan, maka hanya akan menambah daftar panjang kerusakan lingkungan dan penderitaan masyarakat. 

Langkah ini juga akan memperburuk krisis iklim dan kontradiktif dengan komitmen mereduksi emisi. Kalau industri serius untuk transisi energi, maka harus bisa melampaui sumber energi yang berasal dari pembakaran. 

"Kami mendorong transisi energi yang tidak hanya menggunakan energi terbarukan, tapi juga mengedepankan prinsip keadilan dan keberlanjutan," ucap Amalya.

Selain di Indonesia, biomassa juga dipromosikan oleh industri fashion sebagai alternatif 'rendah karbon' dari batu bara untuk energi termal di negara-negara Asia Tenggara lainnya termasuk Kamboja. Investigasi baru-baru ini mengungkap adanya kaitan antara pabrik-pabrik garmen dengan aktivitas penebangan liar yang berbahaya.

Surat ini mendesak merek-merek fashion untuk mempertimbangkan kembali strategi dekarbonisasi rantai pasok mereka yang mengandalkan biomassa sebagai alternatif bahan bakar fosil dan, sebagai gantinya, mengalihkan investasi ke sumber energi terbarukan yang benar-benar bersih seperti tenaga surya dan angin," katanya.