Badak WNI dan WNA di Way Kambas Kini Punya 3 Anak

Penulis : Gilang Helindro

Biodiversitas

Senin, 02 Oktober 2023

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Kelahiran badak sumatera di Suaka Rhino Sumatera, Taman Nasional Way Kambas (SRS TNWK), Sabtu, 30 September 2023, memperpanjang catatan tentang kisah dua sejoli badak sumatera, Ratu dan Andalas.

Ratu merupakan badak asli TNWK yang diselamatkan setelah keluar dari kawasan TNWK di Desa Labuhan Ratu, Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, pada 25 September 2005. “Untuk mengamankannya dari ancaman perburuan dan kemungkinan tertularnya penyakit zoonosis, diputuskan badak Ratu perlu ditranslokasi ke SRS TNWK,” kata Pelaksana tugas Kepala Balai TNWK, Hermawan, dalam keterangan resminya, Minggu, 1 Oktober 2023. 

Ratu tak diketahui ibu dan bapaknya.

Sementara itu, Andalas lahir  13 September 2001 di Cincinnati Zoo, Amerika Serikat. Dia merupakan anak hasil perkawinan Emi dan Ipuh. Emi adalah induknya. Ipuh adalah bapaknya. Ipuh dan Emi merupakan badak sumatera hasil translokasi dari kawasan sekitar Taman Nasional Kerinci Seblat yang dilaksanakan Ditjen PHPA bekerja sama dengan Sumatran Rhino Trust (SRT) pada periode tahun 1980-1994.

Ratu dan Andalas, Sepasang Badak Sumatera yang Sukses Hasilkan Tiga Anak Badak di SRS TNWK. Foto:KLHK

“Andalas mulai menghuni SRS TNWK sejak 21 Februari 2007 setelah melalui perjalanan udara yang melelahkan dari Amerika Serikat hingga tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, serta menyeberangi Selat Sunda,” kata Sumadi Hasmaran, Manager SRS TNWK.

Sejak dimulai upaya pengembangbiakan semi-alami bersama badak Andalas pada akhir tahun 2009, badak Ratu telah berhasil melahirkan tiga ekor anak badak sumatera, yaitu Andatu pada 2012, Delilah pada 2016, dan badak yang lahir Sabtu dinihari kemarin. “Pada kelahiran kali ini, badak Ratu melewati masa kebuntingan selama 478 hari hingga melahirkan pada Sabtu, 30 September 2023,” kata Hermawan mengutip laporan dari tim dokter hewan SRS TNWK.