Dampak Perubahan Iklim Terhadap Satwa Bergantung Jenis Kelamin

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Perubahan Iklim

Senin, 30 Oktober 2023

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID - Penelitian menemukan bahwa jenis kelamin biologis dapat menjadi faktor penting dalam memprediksi bagaimana populasi hewan dan tumbuhan merespons perubahan suhu. Mulai dari penyu yang jenis kelaminnya ditentukan oleh panas di pantai tempat mereka menetas, hingga karibu Arktik betina yang bermigrasi melewati wilayah predator pada tahun-tahun pencairan salju sebelumnya untuk mengisi cadangan energi mereka untuk merawat anak-anaknya.

Namun, hanya sedikit studi lingkungan dan bahkan lebih sedikit lagi rencana konservasi yang memperhitungkan perbedaan-perbedaan ini. Penelitian tersebut diterbitkan di Nature Communications.

"Mempelajari respons spesifik jenis kelamin terhadap bahaya iklim seperti gelombang panas dan fluktuasi suhu ekstrem sangat penting untuk memperlambat hilangnya keanekaragaman hayati," kata penulis utama studi ini, Elena Gissi, Marie Sklodowska Curie Fellow yang berbasis di Departemen Kelautan di Sekolah Keberlanjutan Stanford Doerr.

Membedakan antara jenis kelamin dan gender

Jenis kelamin mengacu pada karakteristik biologis organisme hidup yang memengaruhi fisiologi dan penampilan fisik, sedangkan gender mengacu pada norma, identitas, dan hubungan sosiokultural yang membentuk masyarakat dan organisasi, serta membentuk perilaku, teknologi, lingkungan, dan pengetahuan.

Penyu hijau (pxhere.com)

Rekan penulis Londa Schiebinger, seorang profesor sejarah ilmu pengetahuan di School of Humanities and Sciences, telah mengabdikan karirnya untuk memahami gender dalam pengetahuan manusia, termasuk bagaimana mengurangi bias dalam kecerdasan buatan dan penelitian medis.

"Seperti yang telah kita lihat di bidang lain, menggabungkan analisis jenis kelamin ke dalam ilmu lingkungan dapat mengarah pada penemuan baru tentang dunia alam-baik ketahanan maupun kerentanannya dalam menghadapi bencana iklim yang terus meningkat," kata Schiebinger.

Bagi beberapa populasi burung shearwater hitam, burung laut pesisir yang bersarang di sepanjang Baja California, Meksiko, gelombang panas laut pada 2014 menyebabkan perbedaan perilaku antara jantan dan betina. Aliran besar air hangat menjungkirbalikkan jaring makanan laut dan mendorong burung shearwater jantan dan betina, yang biasanya mencari makan di area yang sama, untuk menghindari persaingan satu sama lain dengan memberi makan secara terpisah. Burung jantan terbang ke utara dan betina terbang ke selatan.

Pengamatan ini penting bagi pengelola konservasi di Baja. Sebagai contoh, kawasan konservasi laut dapat secara tidak sengaja melindungi tempat mencari makan hanya untuk satu jenis kelamin burung laut yang hampir terancam punah selama tahun-tahun yang lebih hangat, dengan dampak berantai terhadap populasi secara keseluruhan.

"Satu juta spesies terancam punah karena dampak manusia, membahayakan dunia alami yang membuat kehidupan kita menjadi mungkin dan indah," kata ahli biologi perubahan global Elizabeth Hadly, salah satu penulis studi dan profesor biologi di School of Humanities and Sciences.

"Dengan mempertimbangkan jenis kelamin biologis dalam studi perubahan iklim, kita dapat memprediksi dengan lebih baik apa yang akan terjadi dan melindungi spesies laut dan darat dengan lebih baik."

Tanggapan yang bervariasi

Di daerah kutub, di mana dampak pemanasan global paling ekstrem, tahun-tahun dengan pencairan salju yang lebih awal bisa menjadi keuntungan bagi laba-laba serigala Kutub Utara. Musim semi yang lebih awal memulai musim tanam.

Dengan adanya waktu ekstra untuk menjadi dewasa, kedua jenis kelamin tumbuh lebih besar, dengan ukuran betina yang lebih besar daripada jantan, sehingga meningkatkan peluang mereka untuk hamil dan tetap hamil serta kemampuan mereka untuk memberi makan anak-anak mereka.

Sebaliknya, bagi karibu betina, yang membesar di musim semi untuk merawat anak-anaknya, pencairan salju yang dipercepat memaksa mereka bermigrasi ke utara saat musim semi menghangatkan kutub. Tetapi perjalanan ini membuat mereka terancam oleh predator seperti serigala yang berkeliaran di garis lintang yang lebih tinggi.

Di belahan Bumi selatan, pasir yang lebih panas di Australia mengancam kelangsungan hidup enam spesies penyu yang bersarang di pantai. Lingkungan menentukan jenis kelamin penyu. Untuk spesies penyu tempayan, jika suhu pasir tempat mengerami telur bersuhu sekitar 29°C (84°F), maka tukik yang menetas adalah betina. Di bawah suhu tersebut, tukik akan menetas dengan jenis kelamin jantan.

"Agar populasi penyu dapat bertahan hidup di masa depan, mereka harus memiliki rasio yang tepat antara jantan dan betina. Jika kita mengabaikan kerentanan yang berbeda dari setiap jenis kelamin terhadap kenaikan suhu global, kita berisiko kehilangan tiga puluh tahun upaya konservasi dalam satu generasi penyu," kata salah satu penulis studi Larry Crowder, seorang ahli ekologi laut dan profesor kelautan.

Menggabungkan jenis kelamin biologis

Gissi mengatakan, dalam banyak kasus, para peneliti tidak mengumpulkan data spesifik jenis kelamin hanya karena sulit secara logistik. Di antara beberapa spesies burung seperti blue jay dan merpati berkabung, jantan dan betina sulit dibedakan hanya dari penampilannya saja. Peneliti lain, katanya, mungkin kurang menyadari bahwa data ini relevan untuk hasil studi atau hasil kebijakan.

Tetapi perubahan sedang terjadi. Dalam upaya menghasilkan lebih banyak tukik jantan, strategi konservasi penyu Pemerintah Queensland yang diterbitkan pada 2021, memprioritaskan taktik seperti menaungi sarang dan merelokasi telur ke lokasi yang lebih dingin.

Gissi juga menunjukkan langkah-langkah yang diambil oleh lembaga-lembaga pendanaan dan jurnal ilmiah. Pada 2022, National Science Foundation menyelenggarakan lokakarya tentang cara terbaik untuk mengintegrasikan analisis jenis kelamin ke dalam pedoman pendanaan mereka, di tahun yang sama ketika jurnal Nature mengumumkan pedoman yang mengharuskan penulis untuk menyatakan bagaimana mereka memasukkan atau mengecualikan jenis kelamin dalam desain penelitian mereka, dan untuk mengklarifikasi alasannya.

"Secara potensial, jenis kelamin biologis ada hubungannya dengan setiap eksperimen yang melibatkan organisme hidup," kata Gissi.

Gissi menjelaskan, memasukkan analisis jenis kelamin dalam desain penelitian harus menjadi standar. Untuk meningkatkan ketelitian dan reproduktifitas ilmu pengetahuan, akan sangat berharga untuk melaporkan ketika jenis kelamin memainkan peran penting dan juga melaporkan hasil nol, ketika jenis kelamin bukanlah faktor penentu.

"Jika kita ingin melindungi masa depan kehidupan di Bumi, kita perlu menilai peran apa yang dimainkan oleh jenis kelamin dalam dunia kita yang berubah dengan cepat," katanya.

Mengambil tindakan untuk membalikkan hilangnya keanekaragaman hayati

Ilmuwan, lembaga penyandang dana, dan pembuat kebijakan, terutama mereka yang bekerja di bidang konservasi, dapat berperan dalam memungkinkan ilmu pengetahuan yang spesifik tentang jenis kelamin ketika mempertimbangkan bagaimana spesies merespons perubahan iklim.

Para penulis studi merekomendasikan hal-hal berikut:

Untuk para ilmuwan:

  • Mempelajari kontribusi relatif jenis kelamin dan faktor pendorong iklim dalam respon organisme terhadap perubahan iklim.
  • Mengkaji bagaimana respons spesifik jenis kelamin terhadap perubahan iklim pada tingkat individu akan mempengaruhi populasi spesies dan komunitas.
  • Memasukkan analisis jenis kelamin biologis ke dalam eksperimen laboratorium dan lapangan.

Untuk lembaga pendanaan:

  • Mendukung penelitian dasar tentang respons spesifik jenis kelamin terhadap perubahan iklim.

Untuk pembuat kebijakan:

  • Mempertimbangkan respons spesifik jenis kelamin spesies terhadap tekanan iklim sebelum menetapkan kawasan lindung baru, dan mengoordinasikan pengelolaan dan pemantauan berdasarkan pengetahuan spesifik jenis kelamin untuk adaptasi dan mitigasi iklim.