19 Penyu Hijau Diselamatkan Sebelum Dibantai di Bali

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Rabu, 22 November 2023

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID - Sebanyak 19 penyu hijau (Chelonia mydas) berhasil diselamatkan dari upaya perdagangan di Jembrana, Bali, Minggu, 19 November 2023. Belasan penyu tersebut usianya berkisar antara 8 tahun hingga lebih dari 50 tahun.

Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana menjelaskan, upaya penyelundupan belasan penyu hijau ini terbongkar dari hasil tindak lanjut pengaduan masyarakat. Masyarakat menginformasikan kepada polisi tentang adanya mobil pick-up yang mengangkut penyu.

Penyu-penyu ini diangkut dari Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, menuju Denpasar. Menurut Kapolres pelaku sengaja menempuh jalan pedesaan, bukan jalan utama, agar tidak diketahui petugas.

"Kami amankan (tangkap) di wilayah Desa Baluk, Kecamatan Negara," kata Kapolres I Dewa Gde Juliana, Minggu (19/11/23), dikutip dari Tribrata.

Polres Jembrana berhasil menyelamatkan 19 individu penyu hijau dari upaya penyelundupan, Minggu (19/11/2023) kemarin. Foto: Denpost.id.

Kapolres melanjutkan, pelaku penyelundupan berinisial RPD (29) ditangkap saat sedang membawa penyu-penyu tersebut dengan ditutupi terpal, di wilayah Desa Baluk, Kecamatan Negara, Minggu dini hari.

"Ada 19 ekor penyu berukuran besar. Saat ini ditangani BKSDA Bali serta dokter hewan dari Jaringan Satwa Indonesia (JSI) untuk melakukan observasi sebelum dilepasliarkan," ujarnya.

Dilansir dari Antara, ahli penyu dari Jaringan Satwa Indonesia Vemke Denhaas mengatakan, kondisi penyu-penyu itu sekilas tampak sehat. Namun, ujarnya, penyu-penyu itu sebenarnya mengalami stres karena terlalu lama berada di daratan. Sehingga, menurut Vemke, penyu-penyu itu akan secepatnya dikembalikan ke laut agar sehat sepenuhnya.

Rencananya, setelah dilakukan observasi di Kelompok Pelestari Penyu Kurma Asih di Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, belasan penyu ini akan dilepas ke laut.

"Sekarang kami masih lakukan observasi untuk antisipasi jika ada penyu yang sakit," katanya, Minggu (19/11/2023).

Vemke melanjutkan, pihaknya sudah mengambil contoh darah penyu-penyu itu, salah satunya untuk mengetahui asal usul satwa dilindungi itu. Vemke menyebut, usia penyu-penyu ini bervariasi.

"Ada yang sudah lebih dari 50 tahun, ada juga yang baru berumur 8 tahun. Sebagian besar adalah betina," ucap Vemke.