Studi: Mengaku Green, Tapi Tak Melaporkan Semua Emisi Karbon

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Polusi

Senin, 27 November 2023

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID - Sebuah studi baru memperkirakan sebagian besar perusahaan tidak melaporkan seluruh cakupan jejak karbon mereka dan banyak yang mengaku “ramah lingkungan”, meskipun tidak ada pelaporan mengenai kategori-kategori utama Cakupan 3. Studi tersebut diterbitkan dalam jurnal PLOS Climate.

Meskipun pelaporan CO2 saat ini bersifat sukarela bagi sebagian besar perusahaan, tapi perusahaan berada di bawah tekanan dari investor, regulator, politisi, organisasi nirlaba, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mengungkapkan dan mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK).

Standar penghitungan gas rumah kaca, Protokol Gas Rumah Kaca, digunakan di seluruh dunia untuk mengukur total jejak karbon suatu perusahaan dengan tiga tingkat pelaporan.

Yang pertama mengukur emisi GRK yang dihasilkan langsung oleh suatu perusahaan selama aktivitas bisnisnya (misalnya emisi dari armada perusahaan). Yang kedua mengukur emisi yang terkait dengan produksi energi yang dibeli dari pemasok eksternal (seperti emisi yang dihasilkan oleh penyedia listrik).

Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) bertenaga batu bara melepaskan emisi karbon dioksida, yang menjadi salah satu faktor terbesar pemanasan global saat ini. Foto: loe.org

Sedangkan yang ketiga (Cakupan 3) mengukur emisi tidak langsung yang belum diperhitungkan dan mencakup emisi hulu dan hilir dari seluruh rantai nilai perusahaan, seperti emisi yang dihasilkan oleh pelanggan sebagai akibat dari produk perusahaan (hilir) dan emisi yang dihasilkan dalam manufaktur suatu produk. peralatan perusahaan (hulu).

Profesor Ivan Diaz-Rainey dari Departemen Akuntansi, Keuangan dan Ekonomi Griffith, seorang pakar internasional terkemuka di bidang iklim dan keuangan berkelanjutan, mengatakan perusahaan-perusahaan bersikap strategis dalam pelaporan Cakupan 3 mereka dan hal ini dapat mendukung greenwashing.

“Emisi Cakupan 3 merupakan proporsi tertinggi dari total emisi, dan ini adalah cakupan yang paling kecil kemungkinannya untuk dilaporkan,” kata Profesor Diaz-Rainey.

Lebih jauh Profesor Diaz-Rainey menerangkan, perusahaan mempunyai insentif yang besar untuk meningkatkan cakupan emisi satu dan dua karena efisiensi energi langsung menghasilkan penghematan finansial. Sebuah perusahaan minyak dan gas mungkin memompa minyak dari dalam tanah, dan dengan melakukan hal tersebut, mereka mungkin menggunakan kendaraan dan listrik, namun apa yang sebenarnya terjadi?

Hal yang diperhitungkan dalam kaitannya dengan dampak suatu perusahaan minyak dan gas adalah bagaimana pengguna akhir mengeluarkan emisi GRK sebagai akibat dari pembelian produk perusahaan tersebut.

“Bagi perusahaan minyak dan gas, emisi Cakupan 3 dikeluarkan oleh orang-orang yang membeli minyak dan menggunakannya di mobil mereka untuk bepergian atau terbang. Jika perusahaan minyak dan gas hanya melaporkan Cakupan 1 dan 2, maka kami melewatkan sebagian besar cerita ini," ujarnya.

Menurut Profesor Diaz-Rainey, jika sebuah bank memberikan pinjaman dalam jumlah besar pada proyek batu bara atau gas, maka emisi Cakupan 3 mereka akan sangat tinggi. Beberapa yurisdiksi mulai mewajibkan pengungkapan informasi, yang didorong oleh Satuan Tugas Pengungkapan Keuangan Terkait Perubahan Iklim ( TCFD), dan tekanan untuk mewajibkan Cakupan 3 semakin meningkat.

Penelitian ini merupakan kolaborasi industri-universitas antara firma analisis risiko iklim EMMI dan peneliti di Griffith University dan University of Otago.

Dr. Ben McNeil, asisten Pusat Penelitian Perubahan Iklim UNSW dan salah satu pendiri EMMI, mengatakan emisi Cakupan 3 bagi perusahaan sulit diukur, namun penting untuk memahami bagaimana perusahaan terkena dampak finansial terhadap penetapan harga karbon dan jalur dekarbonisasi mereka.

“Meskipun ketidakpastian yang signifikan masih ada, pendekatan pembelajaran mesin baru kami untuk memperkirakan emisi Cakupan 3 telah terbukti bermanfaat untuk memahami apakah suatu perusahaan memiliki eksposur finansial yang 'materi' terhadap dunia net-zero di mana karbon diatur dan diberi harga,” kata Dr. McNeil.

Peneliti utama Rekan Peneliti Universitas Otago, Dr. Quyen Nguyen mengatakan para peneliti menggunakan machine learning untuk meningkatkan prediksi jejak karbon perusahaan, yang memberikan indikasi di mana para pembuat kebijakan dan regulator harus memusatkan upaya mereka untuk pengungkapan yang lebih besar.

“Kami menemukan perusahaan memilih untuk melaporkan kategori tertentu dalam Cakupan 3 dan mereka sering memilih untuk melaporkan kategori yang lebih mudah dihitung daripada kategori yang benar-benar penting seperti penggunaan produk yang dijual,” kata Dr. Nguyen.

Perusahaan, kata Dr. Nguyen, umumnya melaporkan komposisi emisi Cakupan 3 yang tidak lengkap, namun mereka melaporkan lebih banyak kategori dari waktu ke waktu. Menurut Dr. Nguyen, menarik untuk melihat bahwa kategori-kategori Cakupan 3 yang dipilih oleh perusahaan untuk dilaporkan tidak selalu merupakan kategori yang paling material, seperti emisi perjalanan dan hal ini mungkin terjadi karena sulitnya mengumpulkan data untuk kategori-kategori lain yang relevan dan material (seperti penggunaan produk), dan pengolahan produk yang dijual), namun hal ini juga dapat berarti bahwa dampak lingkungan sebenarnya dari suatu perusahaan sedang disamarkan.

“Machine learning dapat membantu memprediksi setiap kategori Cakupan 3, namun ini bukanlah solusi ajaib, yang kita perlukan adalah perusahaan melaporkan lebih banyak kategori Cakupan 3. Perusahaan melaporkan lebih banyak kategori dari waktu ke waktu, dan sebagian kecil perusahaan yang melaporkan emisi Cakupan 3 adalah sekitar 60 persen perusahaan yang telah melaporkan emisi Cakupan 1 dan 2," ucap Dr. Nguyen.