Polusi Udara Jadi Penyebab Kematian 250 Ribu Penduduk Eropa

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Polusi

Rabu, 29 November 2023

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID - Polusi partikel halus dituding telah menyebabkan kematian lebih dari 250 ribu orang di Uni Eropa pada 2021 lalu, menurut laporan Badan Lingkungan Eropa atau European Environment Agency (EEA) yang dirilis Jumat pekan lalu. Materi partikulat halus, atau PM2.5, adalah istilah untuk partikel sangat halus yang merupakan produk sampingan dari knalpot mobil hingga pembangkit listrik tenaga batu bara.

Dilansir dari laman resminya, EEA menyebut polusi udara saat ini merupakan faktor risiko kesehatan lingkungan yang paling penting di Eropa. Penyakit ini tetap menjadi penyebab penting buruknya kualitas kesehatan dan berkontribusi khususnya terhadap penyakit pernapasan dan kardiovaskular.

Laporan ini menyajikan informasi pada 2021 mengenai perkiraan dampak buruk terhadap kesehatan manusia yang disebabkan oleh tiga polutan udara utama, yakni partikel halus, nitrogen dioksida, dan ozon. Penilaian tahun ini juga menyajikan perkiraan dampak kesehatan yang terkait dengan penyakit tertentu yang berkontribusi terhadap polusi udara.

PM2.5 merupakan produk sampingan dari knalpot mobil hingga pembangkit listrik tenaga batu bara.

Salah satu sumber polusi udara berasal dari pembakaran batu bara di pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang menghasilkan listrik untuk kebutuhan manusia. Foto: PBB

Dampak tersebut dinyatakan dengan menggunakan metrik beban penyakit, yaitu 'morbiditas' (keadaan mengidap suatu penyakit atau kecacatan) dan 'mortalitas' (kematian yang terjadi karena suatu penyakit atau sekelompok penyakit tertentu).

Ada beberapa pesan kunci yang disampaikan EEA dalam laporannya ini. Yang pertama, konsentrasi polutan udara pada 2021 masih jauh di atas tingkat yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam pedoman kualitas udaranya. Mengurangi polusi udara hingga ke tingkat pedoman ini akan mencegah sejumlah besar kematian yang disebabkan oleh hal tersebut di negara-negara anggota UE (EU-27). Selain itu, mengurangi paparan ozon (O3) dalam jangka pendek akan menghindari 22.000 kematian yang disebabkan oleh hal tersebut.

Kemudian, antara 2005 dan 2021, jumlah kematian di UE yang disebabkan oleh PM 2.5 turun sebesar 41%. Lalu, untuk penyakit tertentu, kerugian (beban penyakit) terbesar partikulat halus PM2.5 bagi kesehatan manusia adalah penyakit jantung iskemik dan akibat NO2 adalah diabetes melitus.

Selanjutnya, untuk setiap penyakit tertentu yang terkait dengan polusi udara, kontribusi relatif terhadap kesehatan yang buruk (beban penyakit) akibat mortalitas dan morbiditas dapat sangat bervariasi. Misalnya saja, sejauh ini angka kematian merupakan kontributor utama penyakit jantung iskemik dan kanker paru-paru, sedangkan angka kesakitan adalah penyebab utama asma.

"Hal ini menyoroti pentingnya mempertimbangkan morbiditas untuk menghindari meremehkan dampak buruk terhadap kesehatan manusia," kata organisasi tersebut, Jumat (24/11/2023).

EEA mengungkapkan, pada 2021 di UE-27, 253.000 kematian disebabkan oleh paparan konsentrasi PM 2.5 di atas tingkat pedoman WHO yaitu 5 µg/m3 (mikrogram per meter kubik udara), 52.000 kematian disebabkan oleh paparan konsentrasi NO2 di atas tingkat pedoman WHO yaitu 10 µg/m3, dan 22.000 kematian disebabkan oleh paparan jangka pendek terhadap konsentrasi O3 di atas 70 µg/m3.

Selain negara-negara anggota UE-27, sejumlah besar negara EEA juga dinilai 40 untuk PM 2.5 dan 41 untuk NO2 dan O3. Secara ringkas disimpulkan, 293.000 kematian disebabkan oleh paparan konsentrasi PM 2.5 di atas tingkat pedoman WHO yaitu 5 µg/m3, 69.000 kematian disebabkan oleh paparan konsentrasi NO2 di atas tingkat pedoman WHO yaitu 10 µg/m3, dan 27.000 kematian disebabkan oleh paparan jangka pendek terhadap konsentrasi O3 di atas 70 µg/ m3.

"Kedua kelompok negara tersebut mengalami sedikit peningkatan angka kematian akibat PM 2.5 dan NO2 serta penurunan angka kematian akibat O3 pada tahun 2021 dibandingkan tahun 2020," ujar EEA.

Perbedaan ini tidak signifikan, karena berada dalam interval ketidakpastian perhitungan. Namun, sedikit peningkatan ini dapat dijelaskan oleh sedikit perbedaan dalam total paparan (lebih tinggi untuk PM 2.5 dan NO2 dan lebih rendah untuk O3) dan sedikit peningkatan total angka kematian di Eropa, terutama karena dampak pandemi COVID-19.

Penting untuk dicatat, data kematian yang disajikan di atas tidak mencakup kemungkinan kematian tambahan yang disebabkan oleh paparan konsentrasi PM 2.5 dan NO2 di bawah tingkat pedoman WHO Tahun 2021. Bukti ilmiah kurang pasti mengenai paparan di bawah tingkat pedoman WHO dibandingkan dengan dampak kesehatan di atas tingkat tersebut.

Namun, tidak ada bukti bahwa polusi udara tidak berdampak pada kesehatan jika di bawah ambang batas tersebut. Dengan mengingat hal ini, EEA juga telah melakukan analisis sensitivitas terhadap kematian yang disebabkan oleh paparan PM 2.5 dan NO2 pada konsentrasi di atas 0 µg/m3.

Kematian yang disebabkan oleh O3 dalam analisis sensitivitas dihitung untuk paparan dengan konsentrasi di atas 20 µg/m3, seperti yang direkomendasikan sebelumnya oleh WHO. Tingkat ketidakpastian pada estimasi ini lebih tinggi dibandingkan estimasi yang disajikan di atas.Dengan hanya berfokus pada jumlah kematian yang disebabkan oleh masing-masing penyakit, enam penyakit yang dipertimbangkan dalam PM 2.5 menghasilkan total 232.000 kematian yang disebabkan oleh penyakit, di bawah perkiraan 293.000, jika menggunakan semua penyebab kematian alami di 40 negara Eropa.

Menggunakan angka kematian yang diakibatkan oleh semua penyebab dapat membuat perkiraan angka kematian total yang terlalu tinggi, karena angka kematian tersebut mencakup beberapa kematian yang kemungkinan tidak terkait dengan polusi udara (misalnya penyakit menular).

Di sisi lain, penggunaan penyebab kematian yang spesifik mungkin akan menyebabkan perkiraan jumlah kematian yang terlalu rendah, karena hanya mempertimbangkan dampak kesehatan yang memiliki bukti kuat mengenai hubungannya dengan polusi udara, dan dapat mengecualikan dampak yang saat ini belum diketahui.

Menurut EEA, faktor-faktor lain juga dapat mempengaruhi hasil yang berbeda, meskipun dalam skala kecil, beban penyakit untuk penyebab spesifik diperkirakan pada tingkat negara, sedangkan untuk semua penyebab alami diperkirakan pada tingkat grid (menggunakan grid peta konsentrasi dan peta kepadatan penduduk), dan kemudian dikumpulkan.

Selanjutnya, untuk semua penyebab kematian, dan sesuai dengan fungsi konsentrasi-respons, orang dewasa di atas 30 tahun dipertimbangkan, sedangkan untuk penyebab spesifik, kelompok umur yang berbeda dipertimbangkan, sebagaimana ditentukan dalam bagian 'Memperkirakan dampak buruk polusi udara terhadap kesehatan manusia'.