Ikan Belida Jawa yang Dianggap Punah Ditemukan Kembali

Sabtu, 09 Desember 2023

BETAHITA.ID - The International Union for Conservation of Nature (IUCN) Redlist pada 2020 pernah merilis kepunahan Chitala lopis atau lopis atau belida, di Pulau Jawa. Namun baru-baru ini para ilmuwan berhasil menemukan kembali ikan belida ini, berasal dari hasil koleksi yang dikumpulkan sejak November 2015 hingga September 2023 pada 34 lokasi di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Setelah dilakukan perbandingan data hasil sekuensing Deoxyribonucleic Acid (DNA) dengan data genetik global Barcode of Life Data (BOLD) dan karakterisasi morfologi yang dibandingkan dengan koleksi spesies Chitala lopis yang tersimpan di Natural History Museum, London, akhirnya tim peneliti meyakini spesies di koleksi mereka tersebut adalah C. lopis. Keabsahan penemuan tersebut dirilis dalam jurnal bereputasi tinggi (Q1) di Jerman yaitu Journal of Endangered Species Research Volume 52, November 2023.

Arif Wibowo, peneliti dan Kepala Pusat Riset Konservasi Sumber Daya Laut dan Perairan Darat BRIN yang terlibat dalam penemuan tersebut mengungkapkan, spesies yang termasuk dalam Famili Notopteridae dan Ordo Osteoglossiformes ini merupakan ikan purba yang memiliki bentuk sirip seperti kipas. Jika ditinjau secara intraspesifik, jarak genetik C. lopis, C. hypselonotus dan C. borneensis sangat rendah, sehingga pembeda gen mitochondrial antar spesies tidak identik.

"Karakter morfologi C. lopis memiliki tinggi tubuh posterior dan panjang pre-dorsal lebih dominan dibandingkan dengan C. bornensis. Evolusi C. lopis diperkirakan terjadi sejak 1.200 tahun yang lalu," kata Arif, dalam keterangan resmi, Rabu (6/12/2023).

Jenis ikan Chitala lopis belum benar-benar punah di Pulau Jawa. Itu dibuktikan dari penemuan kembali oleh para ilmuwan. Foto: BRIN.

Tak hanya membantah kepunahan C. lopis, penemuan ini juga menjawab persoalan taksonomi ikan belida di Indonesia. Menurut para ahli, mayoritas ikan belida di Indonesia termasuk dalam spesies C. lopis. Namun jenis lain yang sering ditemukan adalah C. borneensis dan C. hypselonotus.

"Kelimpahan dan sebaran ketiga jenis ikan tersebut mengalami penurunan di pulau Sumatera dan Jawa. Bahkan status C. hypselonotus terakhir ditemui pada tahun 2015," ujarnya.

Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Jenis Ikan yang Dilindungi, terdapat empat spesies famili Notopteridae yang dilindungi, tiga di antaranya adalah C. lopis, C. borneensis, dan C. hypselonotus. IUCN mengungkapkan spesies Chitala termasuk spesies dengan kategori least concern yang mengindikasikan tingkat resiko kepunahan masih rendah di Indonesia, kecuali C. lopis yang dianggap punah.

Oleh karena itu status konservasi pada IUCN perlu dievaluasi pada sebaran C. lopis di Indonesia bukan hanya di pulau Jawa dan diperlukan revisi status konservasi C. hypselonotus dan C. borneensis dari least concern menjadi critically endangered (kritis) dikarenakan keterbatasan stok dan sebaran.