Potensi Cuaca Ekstrem pada Awal Januari 2024

Penulis : Gilang Helindro

Iklim

Selasa, 02 Januari 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dam Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi  mengalami cuaca ekstrem pada awal Januari 2024. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangan resminya menyebut, wilayah itu berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

”Kami imbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati. Dampak dari cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin di wilayah Indonesia,” ungkap Dwikorita dikutip Senin, 1 Januari 2024.

Dwikorita menjelaskan, pada periode 3 hingga 6 Januari 2024, sejumlah wilayah  berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat. Wilayah tersebut di antaranya Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, dan Sumatra Selatan. Selain itu juga wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Cuaca ekstrem di sebagian wilayah Indonesia, kata Dwikorita, dipicu fenomena dinamika atmosfer. Salah satunya aktivitas Monsun Asia Musim Dingin. Fenomena itu diasosiasikan dengan musim angin baratan. Selain itu, fenomena tersebut juga turut diperkuat dengan adanya aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO).

Banjir Labuhanbatu Akibatkan 2 Warga Meninggal Dunia. Foto BNPB

“Kondisi tersebut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian besar wilayah Indonesia,” kata Dwikorita.

Dwikorita mengimbau masyarakat untuk menghindari zona rawan bencana hidrometeorologi saat dan beberapa saat setelah hujan. Ia juga mengimbau masyarakat terus menjaga lingkungan untuk mengurangi risiko terjadinya bencana hidrometeorologi.