Ada Spesies Baru Landak Berbulu Lembut di Leuser

Kamis, 04 Januari 2024

BETAHITA.ID - Dua spesies baru genus landak berbulu lembut, Hylomys, berhasil dideskripsikan dan tiga subspesies ditingkatkan status menjadi spesies penuh. Salah satu spesies baru yang dideskripsikan, yakni Hylomys vorax, merupakan endemik ekosistem leuser, di Sumatera bagian utara.

Temuan tersebut dipublikasikan dalam Zoological Journal of the Linnean Society. Dilansir dari Scinews, lima spesies baru landak berbulu lembut ini dideskripsikan oleh para peneliti di Smithsonian Institution's National Museum of Natural History melalui tinjauan taksonomi yang komprehensif terhadap genus landak berbulu lembut, dengan menggunakan data molekuler dan morfologi dari spesimen museum di seluruh distribusinya.

Revisi ini secara signifikan meningkatkan keanekaragaman yang diketahui dari genus ini dari dua menjadi tujuh spesies yang masih hidup, yang menantang pandangan tradisional mengenai keanekaragaman tingkat spesies dalam landak berbulu lembut.

Landak berbulu lembut (gymnures) adalah mamalia kecil yang merupakan anggota keluarga landak, tetapi seperti namanya yang umum, landak ini lebih berbulu daripada berduri. Seperti landak berduri, mereka bukan hewan pengerat dan memiliki moncong yang runcing.

Hylomys dorsalis terlihat di alam liar di Gunung Murud, Sarawak, Kalimantan, Malaysia. Foto: Quentin Martinez, www.quentinmartinez.fr.

Mamalia kecil ini aktif di siang dan malam hari dan merupakan omnivora, kemungkinan memakan beragam serangga dan invertebrata lainnya serta beberapa buah saat ada kesempatan.

Berdasarkan gaya hidup kerabat dekatnya dan pengamatan di lapangan, landak ini kemungkinan bersarang di dalam lubang dan berlindung saat mencari makan di antara akar pohon, batang kayu yang tumbang, bebatuan, daerah berumput, semak belukar dan sampah daun.

"Tanpa duri seperti sepupu mereka yang lebih terkenal, landak berbulu lembut secara sepintas terlihat seperti campuran tikus dan tikus dengan ekor pendek," kata Dr. Arlo Hinckley, seorang peneliti di Museum Nasional Sejarah Alam dan Universitas Sevilla, pada 27 Desember 2024.

Dr. Hinckley melanjutkan, kelima spesies baru ini termasuk dalam kelompok landak berbulu lembut yang disebut lesser gymnures (Hylomys) yang hidup di Asia Tenggara dan sebelumnya hanya dikenal sebagai dua spesies yang diketahui. Pihaknya hanya dapat mengidentifikasi landak baru ini berkat staf museum yang telah mengkurasi spesimen-spesimen ini selama beberapa dekade dan para kolektor lapangan aslinya.

"Dengan menerapkan teknik genom modern seperti yang kami lakukan bertahun-tahun setelah landak ini pertama kali dikumpulkan, generasi berikutnya akan dapat mengidentifikasi lebih banyak spesies baru," katanya.

Dalam penelitian ini, Dr. Hinckley dan rekan-rekannya mengumpulkan 232 spesimen fisik dan 85 sampel jaringan untuk analisis genetik dari seluruh kelompok Hylomys yang berasal dari kombinasi koleksi lapangan mereka sendiri, serta spesimen museum modern dan bersejarah yang berasal dari tidak kurang dari 14 koleksi sejarah alam di Asia, Eropa, dan Amerika.

Mereka kemudian memulai proses panjang untuk melakukan analisis genetik pada 85 sampel jaringan di laboratorium. Mereka juga melakukan pengamatan fisik yang ketat dan melakukan pengukuran untuk memeriksa perbedaan ukuran dan bentuk tengkorak, gigi, dan bulu pada 232 spesimen.

Hasil genetik mengidentifikasi tujuh garis keturunan genetik yang berbeda pada Hylomys, yang menunjukkan jumlah spesies yang dikenali dalam kelompok ini akan bertambah lima, yang kemudian dikonfirmasi oleh pengamatan fisik tim terhadap spesimen.

Dua spesies baru yang diberi nama Hylomys vorax dan Hylomys macarong merupakan spesies endemik dari ekosistem Leuser yang terancam punah, sebuah hutan hujan tropis di Sumatera bagian utara dan Vietnam Selatan.

Tiga spesies baru lainnya, sebelumnya dianggap sebagai subspesies dari Hylomys suillus, tetapi semuanya menunjukkan perbedaan genetik dan fisik yang cukup untuk meningkatkan statusnya menjadi spesies tersendiri. Mereka diberi nama Hylomys dorsalis, Hylomys maxi dan Hylomys peguensis.

"Mungkin mengejutkan bagi orang-orang untuk mendengar bahwa masih ada mamalia yang belum ditemukan di luar sana. Namun, masih banyak yang belum kita ketahui - terutama hewan-hewan nokturnal yang lebih kecil yang sulit dibedakan satu sama lain," kata Dr. Melissa Hawkins, kurator mamalia di Smithsonian Institution's National Museum of Natural History.