Mengapa Ngengat Tertarik Cahaya Lampu, Ini Kata Sains

Penulis : Kennial Laia

Spesies

Minggu, 04 Februari 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID - Meski memiliki banyak sejarah mengenai perilaku yang membingungkan ini, penjelasan ilmiah tentang mengapa serangga berkumpul di sekitar lampu pada malam hari belum pernah diketahui secara pasti. Teori populer menyatakan bahwa ngengat bernavigasi sesuai pergerakan bulan dan salah mengira lampu sebagai cahaya bulan, atau bahwa serangga terbang menuju cahaya untuk menghindari bahaya.

Kini para peneliti yakin mereka punya jawaban yang lebih meyakinkan. Alih-alih karena tertarik pada cahaya di malam hari, ngengat dan serangga terbang lainnya justru terjebak dalam cahaya tersebut.

Menurut Dr Sam Fabian, ahli entomologi di Imperial College London, ngengat dan banyak serangga lain yang terbang di malam hari berevolusi untuk memiringkan punggung mereka ke tempat yang paling terang. Selama ratusan juta tahun, yang ada hanyalah langit, bukan bumi. Trik ini memberi tahu serangga, mana atas dan memastikan mereka terbang sejajar.

Namun kemudian muncul pencahayaan buatan. Karena harus bersaing dengan sumber penerangan baru, ngengat mendapati diri mereka bersandar pada lampu jalan. Hal ini mengirim mereka ke dalam lingkaran tak berujung di sekitar lampu, dan terjebak oleh naluri evolusioner mereka.

Eksperimen memperlihatkan ngengat terbang di sekitar lampu. Dok Fabian et al/Nature Communications

Fabian dan rekan-rekannya mengamati jalur penerbangan serangga di sekitar cahaya menggunakan resolusi tinggi, dengan penangkapan gerak inframerah di laboratorium dan rekaman video inframerah berkecepatan tinggi di Kosta Rika. Rekaman tersebut mengungkapkan bahwa berkali-kali, ngengat dan capung membelakangi cahaya buatan, sehingga merusak jalur penerbangan mereka.

“Jika cahaya berada di atas mereka, mereka mungkin akan mulai mengorbitnya, namun jika berada di belakang mereka, mereka akan mulai miring ke belakang dan hal ini dapat menyebabkan mereka memanjat ke atas hingga terhenti,” kata Fabian dikutip Guardian, Jumat, 2 Februari 2024. 

“Yang lebih dramatis adalah ketika mereka terbang tepat di atas sebuah cahaya. Mereka membalikkan badan dan itu dapat menyebabkan kecelakaan. Ini benar-benar menunjukkan bahwa ngengat sedang bingung ke arah mana.”

Penelitian yang dipublikasikan di Nature Communications itu menunjukkan bahwa pencahayaan buatan mungkin tidak menarik serangga terbang keluar dari kegelapan, namun hanya menjebak serangga yang terbang melewatinya. “Ini hampir seperti memiliki jaring,” kata Fabian.

Para peneliti telah lama memperingatkan bahwa polusi cahaya adalah penyebab utama penurunan drastis populasi serangga. Ngengat dan serangga lain yang terperangkap di sekitar lampu dapat menjadi mangsa empuk bagi kelelawar, namun penerangan juga dapat membodohi mereka dengan berpikir bahwa ini adalah siang hari, sehingga menyebabkan mereka tertidur dan tidak makan di malam hari.

“Efek terhadap penerbangan mereka hanyalah sebagian kecil dari bagaimana cahaya buatan dapat mengacaukan kehidupan serangga nokturnal ini,” kata Fabian.

Fabian meyakini ada pelajaran bermanfaat dari penelitian ini. “Menurut saya, hal ini memberitahu kita bahwa arah cahaya buatan itu penting. Jika Anda ingin memasang lampu di malam hari, Anda benar-benar ingin lampu tersebut terselubung dan tidak membuang banyak cahaya ke samping, dan terutama tidak ke atas ke atmosfer,” katanya.