Emisi 2023 Sektor Energi Pecah Rekor Gara-gara PLTA Kekeringan

Penulis : Kennial Laia

Energi

Selasa, 05 Maret 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Emisi karbon dioksida (CO2) yang terkait dengan sektor energi global mencapai rekor tertinggi pada 2023, menurut laporan terbaru dari Badan Energi Internasional (IEA). Sebagian didorong oleh peningkatan penggunaan bahan bakar fosil di negara-negara di mana kekeringan menghambat produksi pembangkit listrik tenaga air. 

Laporan tersebut, terbit pada Jumat, 1 Maret 2024, mengatakan bahwa pengurangan besar-besaran emisi CO2, terutama dari pembakaran bahan bakar fosil, akan diperlukan di tahun-tahun mendatang jika target untuk membatasi kenaikan suhu global dan mencegah perubahan iklim yang tidak terkendali ingin dipenuhi.  

“Emisi CO2 telah mencapai rekor tertinggi baru. Ini berkebalikan dengan penurunan cepat yang dibutuhkan, seperti yang diwajibkan untuk memenuhi tujuan iklim global yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris,” kata IEA dalam laporannya. 

Berdasarkan analisis IEA, emisi global dari sektor energi meningkat sebesar 410 juta ton, atau 1,1%, pada tahun 2023 menjadi 37,4 miliar ton. 

Pembangkit Listrik Tenaga Batubara Scherer berdiri di kejauhan di Juliette, Ga, pada 3 Juni 2017. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Climactic Change pada Selasa, 12 Juli 2022, menghitung berapa banyak kerugian terkait iklim yang dimiliki negara-negara kaya. menyebabkan negara-negara miskin melalui emisi karbon mereka./Foto AP/Kamp Branden

Ekspansi global pada teknologi ramah lingkungan seperti kendaraan bertenaga angin, tenaga surya, dan listrik membantu mengekang pertumbuhan emisi, yaitu sebesar 1,3% pada 2022. Namun pembukaan kembali perekonomian Tiongkok, peningkatan penggunaan bahan bakar fosil di negara-negara dengan produksi pembangkit listrik tenaga air yang rendah, dan pemulihan sektor penerbangan menjadi faktor kenaikan secara keseluruhan, tulis IEA. 

Di sisi lain, upaya untuk menggantikan pembangkit listrik tenaga air yang hilang akibat kekeringan ekstrem menyumbang sekitar 40% kenaikan emisi, atau 170 juta ton CO2. 

“Tanpa dampak ini, emisi dari sektor ketenagalistrikan global seharusnya bisa turun pada 2023,” kata IEA.

Emisi terkait energi di Amerika Serikat turun sebesar 4,1% dan sebagian besar pengurangan berasal dari sektor ketenagalistrikan, menurut laporan tersebut.

Di Uni Eropa, emisi energi turun hampir 9% pada tahun lalu yang didorong oleh lonjakan pembangkit listrik terbarukan dan penurunan pembangkit listrik tenaga batu bara dan gas.

Di Tiongkok, emisi dari sektor energi meningkat sebesar 5,2%, seiring dengan meningkatnya permintaan energi seiring dengan pemulihan dari lockdown akibat COVID-19, kata laporan tersebut.

Namun Tiongkok juga menyumbang sekitar 60% dari penambahan tenaga surya, angin, dan kendaraan listrik global pada tahun 2023, kata IEA.