Limbah Pertanian, Farmasi, & Kesehatan Picu Meningkatnya Superbug

Penulis : Tim Betahita

Lingkungan

Selasa, 14 Februari 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Polusi dari peternakan, obat-obatan, dan perawatan kesehatan berpotensi besar menghancurkan pilar utama pengobatan modern karena polusi. Menurut laporan terbaru dari Persatuan Bangsa-Bangsa untuk Program Lingkungan (UNEP), ini karena tumpahan limbah dan polusi lainnya ke saluran air menambah peningkatan superbug global.

Peternakan hewan adalah salah satu sumber utama strain bakteri yang telah mengembangkan resistensi terhadap semua bentuk antibiotik, melalui penggunaan obat-obatan yang berlebihan dalam peternakan.

Pencemaran saluran air akibat obat-obatan, dari pabrik pembuatan obat, juga merupakan kontributor utama. Ini seiring dengan kegagalan untuk menyediakan sanitasi dan mengendalikan limbah di seluruh dunia, dan untuk menangani limbah dari fasilitas kesehatan. Superbug yang resisten dapat bertahan hidup di limbah yang tidak diolah.

Temuan laporan baru tersebut, yang diterbitkan pada Selasa, 7 Februari 2023, menunjukkan bahwa polusi dan kurangnya sanitasi di negara berkembang tidak dapat lagi dianggap oleh negara kaya sebagai masalah yang jauh dan terlokalisir bagi orang miskin. Ketika superbug muncul, mereka dengan cepat menyebar, dan mengancam kesehatan bahkan orang-orang dalam sistem perawatan kesehatan yang didanai dengan baik di dunia kaya.

Sektor peternakan di Amazon Brasil adalah pendorong deforestasi terbesar di dunia, menyumbang satu dari setiap delapan hektare yang dihancurkan secara global. Setelah hutan hujan dibakar atau ditebang habis untuk diambil kayunya, para peternak dengan cepat memindahkan ternak untuk memakan rumput. Saat ini sapi lebih banyak dari manusia di Brasil, dan jutaan sapi tersebut berada di wilayah Amazon – menempati sekitar 60 persen area yang terdeforestasi. Foto: Greenpeace

Temuan UNEP tersebut menyatakan bahwa sanitasi dan perawatan kesehatan yang buruk, dan kurangnya peraturan dalam peternakan hewan, menciptakan tempat berkembang biak bagi bakteri yang kebal. Ini berakibat pada ancaman kesehatan global. Menurut organisasi tersebut, sebanyak 10 juta orang per tahun dapat meninggal pada tahun 2050 akibat resistensi antimikroba (AMR), menjadikannya sebagai pembunuh sebesar kanker saat ini.

Munculnya superbug juga akan memakan korban ekonomi, yang mengakibatkan kerugian sekitar $3,4 triliun per tahun pada akhir dekade ini, dan mendorong 24 juta orang ke dalam kemiskinan ekstrem.

Inger Andersen, direktur eksekutif UNEP, mengatakan bahwa polusi udara, tanah, dan saluran air  merusak hak asasi manusia atas lingkungan yang bersih dan sehat. “Ini adalah penggerak yang sama yang menyebabkan degradasi lingkungan memperburuk masalah resistensi antimikroba. Dampak resistensi anti-mikroba dapat merusak kesehatan dan sistem pangan kita,” kata Andersen, dikutip Guardian, Selasa, 7 Februari 2023.

Andersen menyerukan agar ada tindakan segera untuk menghentikan polusi. “Mengurangi polusi adalah prasyarat untuk satu abad lagi kemajuan menuju nol kelaparan dan kesehatan yang baik,” katanya, pada peluncuran laporan pada pertemuan keenam Grup Pemimpin Global tentang AMR di Barbados pada hari Selasa.

Laporan tersebut menemukan bahwa limbah, sanitasi yang buruk, dan pembuangan limbah yang tidak memadai semuanya merupakan penyebab masalah tersebut.

Simon Clarke, ahli mikrobiologi di University of Reading, yang tidak terlibat dalam laporan tersebut, mengatakan orang sering gagal mengenali seberapa besar perbedaan penggunaan antibiotik dengan pengobatan modern. 

“Karena keefektifan antibiotik, kita mungkin telah melupakan dampak mematikan dari banyak infeksi di masa lalu. Risiko tidak melakukan apa-apa adalah bahwa setiap cedera, operasi, atau perjalanan rutin ke rumah sakit disertai dengan risiko terkena infeksi yang mematikan,” ujar Clarke. 

Sementara itu Oliver Jones, profesor kimia di Universitas RMIT di Melbourne, Australia, mengatakan: “Kami cenderung menganggap resistensi antibakteri sebagai masalah yang terkait dengan rumah sakit. Apa yang ditunjukkan oleh laporan ini adalah bahwa antibiotik dan obat lain yang berakhir di lingkungan merupakan faktor utama penyebaran resistensi antibiotik dan sesuatu yang perlu kita perhatikan lebih cepat daripada nanti,” katanya.

Laporan tersebut mengatakan, pemerintah dan investor sektor swasta di negara maju harus menyadari risikonya dan menyediakan sumber daya untuk mengatasi polusi di negara berkembang, yang akan menjadi kepentingan mereka sendiri. 

Bertani juga harus menjadi fokus utama, tambah Matthew Upton, profesor mikrobiologi medis di University of Plymouth. Menurutnya, meskipun situasinya membaik di beberapa bagian dunia, sejumlah besar antimikroba digunakan untuk mengobati dan mencegah infeksi pada hewan pangan.

"Peternakan yang lebih baik dan metode pencegahan dan pengendalian infeksi lainnya seperti vaksinasi harus digunakan untuk mengurangi infeksi dan kebutuhan penggunaan antimikroba, yang pada gilirannya membatasi polusi lingkungan dengan antimikroba, residu antimikroba, dan mikroba yang resisten. Ini khususnya berlaku dalam akuakultur, yang akan menjadi sumber utama protein akuatik pada tahun 2050,” kata Upton.