Pemuda Bengkulu Bentuk Forum Peduli Konservasi

Penulis : Redaksi Betahita

Konservasi

Senin, 31 Desember 2018

Editor : Redaksi Betahita

Betahita.id – Belasan komunitas konservasi di Provinsi Bengkulu membentuk forum peduli konservasi untuk melestarikan lingkungan. “Ada 19 komunitas dan lembaga yang bergabung dalam Forum Peduli Konservasi Bengkulu ini,” kata Koordinator Forum Peduli Konservasi Bengkulu Sofian Ramadhan kepada ANTARA di Bengkulu, Senin, 24 Desember 2018.

Baca juga: Drama 6 Hari, Translokasi Gajah Septi ke Hutan Lindung

Forum tersebut, kata Sofian, berfungsi sebagai wadah kolaborasi, komunikasi dan jejaring. Ia mengatakan forum itu terbagi dalam lima kelompok konservasi, yakni pelestarian bunga langka Rafflesia arnoldii dan Amorphophallus sp, pelestari ekosistem mangrove, pelestari hutan, pelestari satwa langka gajah Sumatera dan harimau Sumatera.

Sofian mengatakan salah satu kesepakatan yang dihasilkan adalah menggelar jambore konservasi sebagai sarana pertemuan tahunan antar-komunitas. “Tujuannya sebagai media tukar pengetahuan dan informasi tentang aktivitas konservasi.”

Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae). Dok.menlhk.go.id

Pembina Forum Peduli Konservasi, Agus Susatya mengatakan para pegiat konservasi di Bengkulu bergerak atas kesadaran pelestarian lingkungan yang tinggi. Itu yang perlu didukung dengan meningkaktan kapasitas mereka.

Pada Senin lalu forum menggelar kegiatan seminar. Pertemuan sehari itu didukung Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung. Beberapa materi ditujukan untuk meningkatkan kapasitas pegiat konservasi dalam menulis, fotografi dan promosi objek ekowisata melalui media sosial.

“Kegiatan ini akan diteruskan untuk meningkatkan kapasitas pegiat konservasi,” kata dosen Jurusan Kehutanan Universitas Bengkulu ini.

TERAS.ID | TEMPO.CO