Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi Dilengkapi Underpass Harimau

Penulis : Betahita.id

Lingkungan

Selasa, 05 Januari 2021

Editor : Y. Y. Akhmadi

BETAHITA.ID - Proyek jalan tol ruas Betung-Tempino-Jambi, akan dilengkapi terowongan bagi harimau sumatera untuk melintas. Sebelumnya, underpass satwa liar dilindungi juga dibuat di tol Pekanbaru untuk gajah sumatera.

Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, ia minta terowongan untuk harimau sumatera itu dibangun agar habitat satwa dilindungi ini tidak tergusur oleh proyek nasional.

Baca juga Jalan Tol dengan Undepass Perlintasan Gajah Diresmikan

"Bisa jadi terowongan khusus harimau ini yang pertama di dunia," katanya seperti dikutip Tempo, Selasa, 5 Januari 2021.

Harimau sumatera koleksi Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta. (Gembiralokazoo.com)

Menurut Dodi, kontraktor menyanggupi untuk membangun perlintasan khusus satwa liar yang ada di Taman Nasional Sembilang dengan Suaka Margasatwa Dangku pada Km 65+400. Kondisi ini, kata dia, hal positif karena selain bisa menyelamatkan habitat satwa liar juga dapat mendorong percepatan proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Puluhan ekor harimau dan gajah masih menjadi penghuni hutan belantara di sejumlah kecamatan di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Dodi menegaskan satwa liar tersebut ditemukan di antaranya di wilayah hutan PT Reki (Restorasi Ekosistem Indonesia) di Kecamatan Batanghari Leko, Bayung Lencir dan kecamatan lainnya. Untuk mencegah terjadinya konflik warga dan satwa tersebut, dia menyerukan sejumlah pemangku kepentingan untuk turut serta menjaga ekosistem satwa liar.

SHARE