Perang Kata Greta Thunberg vs Arnold Schwarzenegger soal Iklim

Penulis : Tim Betahita

Perubahan Iklim

Senin, 05 Juli 2021

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Aktivis iklim Swedia Greta Thunberg meluncurkan pernyataan baru pada hari Kamis lalu melawan "permainan peran" oleh para pemimpin politik dan ekonomi atas krisis iklim. Greta menuduh mereka menggunakan krisis iklim sebagai peluang bisnis.

Tampil melalui tautan video di KTT Dunia Austria tentang kebijakan iklim yang diselenggarakan oleh mantan gubernur California Arnold Schwarzenegger, dia menggambarkan reaksi mereka yang berkuasa terhadap gelombang aktivisme iklim.

“Akhirnya tekanan publik terlalu besar. Jadi Anda semua mulai bertindak, ”kata Thunberg. “Tapi bertindak seperti dalam bermain drama. Bermain politik, bermain dengan kata-kata, bermain dengan masa depan kita.”

Thunberg kemudian mencemooh komitmen iklim negara-negara kaya sebagai langkah yang sangat tidak memadai dalam menghadapi “peristiwa cuaca yang semakin ekstrem.

Aktivis perubahan iklim asal Swedia Greta Thunberg. Foto: Akun Instagram pribadi @gretathunberg

Seperti diketahui, beberapa hari ke belakang gelombang panas di Kanada barat dan barat laut Amerika Serikat memecahkan rekor suhu dan telah dikaitkan dengan lusinan kematian berlebih.

Thunberg mengatakan target emisi nol bersih yang diumumkan oleh negara-negara ekonomi besar “bisa menjadi awal yang baik, jika tidak penuh dengan celah dan celah” seperti “menghilangkan emisi dari barang impor, penerbangan internasional, dan pengiriman”.

“Krisis iklim hari ini diperlakukan hanya sebagai peluang bisnis untuk menciptakan lapangan kerja baru yang ramah lingkungan, bisnis dan teknologi hijau baru,” katanya.

KTT tersebut, yang diluncurkan lima tahun lalu oleh Schwarzenegger, bertujuan untuk menyoroti “solusi dan tindakan nyata dari para pembuat keputusan global” dalam menanggapi tantangan perubahan iklim.

Dalam pesan pembukaannya, Schwarzenegger menekankan perlunya "dorongan, bukan hanya ancaman dan keputusasaan".

Membuat referensi lidah-di-pipi untuk perannya yang paling terkenal, dia menambahkan: "Kita dapat menghentikan polusi, mari kita pesan bersama dan mari bekerja bersama."

Di antara mereka yang ambil bagian dalam acara tersebut adalah Kanselir Austria Sebastian Kurz, Wakil Presiden Komisi Eropa Frans Timmermans – yang memimpin pekerjaan Komisi dalam Kesepakatan Hijau Eropa – dan perwakilan tingkat tinggi dari raksasa multinasional Ford dan Apple.
Alamat Thunberg dipotong pendek karena alasan teknis.

SOUTH CHINA MORNING POST