Tiga Elang Botak Mati akibat Flu Burung di Georgia

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Selasa, 19 April 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Seekor burung yang menginfeksi flu di seluruh negeri dipersalahkan atas kematian tiga elang botak di Georgia. The University of Georgia’s Southeastern Cooperative Wildlife Diseases Study mengatakan pihaknya mengkonfirmasi flu burung pada elang pada Kamis (14/4/2022).

Ini menandai pertama kalinya virus telah dikonfirmasi pada spesies di Georgia, kata para pejabat. Para peneliti pertama kali mendeteksi penyakit pada elang mati yang ditemukan di Chatham, Glynn dan Liberty County pada Maret. Tes laboratorium di Laboratorium Layanan Hewan Nasional Departemen Pertanian Amerika Serikat di Ames, Iowa, mengkonfirmasi hasilnya.

Kematian elang botak di Georgia adalah yang terbaru dilaporkan di seluruh negara. Bulan lalu, dua elang botak di Vermont ditemukan terinfeksi flu burung, pejabat margasatwa negara bagian mengumumkan. Carolina Utara juga melaporkan kematian elang botak di negara bagian itu pada bulan Maret.

Secara nasional, pejabat federal telah mengkonfirmasi lebih dari 660 kasus flu burung pada burung liar tahun ini, termasuk 11 kasus di Georgia. Puluhan juta unggas peliharaan juga mati karena penyakit itu atau di-eutanasia untuk mencegah virus menyerang ternak komersial.

Seekor elang botak duduk di sarang yang menghadap ke Danau Oconee dekat Greensboro, Ga. Seekor burung yang menginfeksi flu secara nasional disalahkan atas kematian tiga elang botak di Georgia, para peneliti mengkonfirmasi Kamis, 14 April 2022./AP Photo/John Bazemore, File

Kebun binatang di seluruh negeri juga mengambil langkah-langkah untuk melindungi burung mereka , memindahkan beberapa di dalam ruangan dan jauh dari manusia dan satwa liar.

“Kami tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi skenario kasus terburuk: Virus menjadi mapan di populasi burung liar kami,” kata David Stallknecht, direktur Studi Penyakit Koperasi Satwa Liar Tenggara.

“Jika dipelihara di burung liar, akan terus mengancam kesehatan burung liar dan unggas komersial,” katanya. “Dengan migrasi burung, itu bahkan dapat menyebar ke Amerika Tengah dan Amerika Selatan.”

Virus ini dianggap berisiko rendah bagi manusia, dan belum ada kasus manusia yang dilaporkan di AS, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Atlanta.

AP News