89 Tahun Dinyatakan Hilang, Spesies Anggrek Ini Ditemukan Kembali

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Selasa, 26 April 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Prasophyllum morganii, juga dikenal sebagai anggrek daun bawang Cobungra atau anggrek daun bawang mignonette, adalah spesies anggrek endemik di daerah kecil di Victoria.

Spesies ini dideskripsikan pada 1930 sebagai herba terestrial kecil yang menghasilkan daun tunggal dengan panjang 12-20 cm dan batang berbunga tunggal berwarna hijau hingga kemerahan setinggi 20-25 cm dengan 50-80 bunga non-resupinat yang padat.

Satu-satunya populasi Prasophyllum morganii yang tercatat ditemukan pada 1929 di lahan pribadi dekat Cobungra, Victoria, dan terdiri dari kurang dari 15 tanaman. Tidak ada tanaman yang terlihat sejak 1933, meskipun telah dilakukan survei ekstensif oleh para penggemar anggrek.

Prasophyllum morganii./Foto: Ayre et al., doi: 10.11646/phytotaxa.528.2.1.

Spesies ini dianggap punah di bawah Undang-Undang Jaminan Flora dan Fauna Victoria pada 1988 dan Saran Komite Ilmiah Spesies Terancam Punah.

Pada 2000, anggrek yang tampak serupa dideskripsikan dari Taman Nasional Kosciuszko, New South Wales, dan diberi nama Prasophyllum retroflexum , umumnya dikenal sebagai anggrek daun bawang Kiandra.

Namun, menurut studi baru yang dipublikasikan di jurnal Phytotaxa, Prasophyllum retroflexum sebenarnya adalah Prasophyllum morganii.

“Temuan ini akan meningkatkan upaya untuk melestarikan spesies ini di masa depan,” kata penulis senior studi Dr. Noushka Reiter, ilmuwan peneliti senior di Royal Botanic Gardens Victoria.

“Sungguh kejutan yang menyenangkan mengetahui bahwa Prasophyllum morganii masih ada, namun masih terancam punah, dan kita perlu melindunginya.”

“Taksonomi yang baik, yaitu penggambaran tumbuhan dan hewan yang akurat, memperkuat konservasi tumbuhan langka dan terancam punah seperti ini,” tambahnya.

“Ketika kita lebih memahami spesies anggrek, karakteristiknya, distribusi dan ekologinya, kita dapat meningkatkan kemampuan kita untuk melestarikannya.”

Dalam studi tersebut, peneliti menganalisis spesimen jenis asli Prasophyllum morganii dan 33 herbarium dan spesimen yang dikumpulkan di lapangan untuk mendapatkan hasilnya.

“Pekerjaan ini tidak akan mungkin terjadi tanpa spesimen yang disimpan di State Botanical Collection di National Herbarium of Victoria,” kata penulis pertama studi Dr. Bronwyn Ayre, seorang peneliti di Departemen Ekologi, Lingkungan dan Evolusi di La Trobe University dan Royal Kebun Raya Victoria.

“Sungguh menakjubkan dapat membandingkan bunga yang dikumpulkan lebih dari 90 tahun yang lalu, dengan yang baru saja kami kumpulkan sendiri.”

SCI News