Negara Kaya Sebabkan Kerusakan Iklim pada Negara Miskin

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Perubahan Iklim

Senin, 18 Juli 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Ada pendapat yang keluar dari aktivis lingkungan, ilmuwan termasuk pemerintah yang beranggapan bahwa negara-negara kaya harus membayar paling banyak untuk mengatasi perubahan iklim, dan juga membayar ganti rugi kepada negara-negara miskin. Sebab negara-negara industri secara historis mengeluarkan gas rumah kaca paling banyak.

Sebuah studi oleh dua ilmuwan Dartmouth dilakukan untuk menghitung seberapa besar dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh negara-negara lain yang mengeluarkan emisi lebih besar diterbitkan pada Selasa (12/7/2022) kemarin di Jurnal Perubahan Iklim. Melalui studi itu para ilmuwan mengatakan angka-angka itu dapat digunakan di ruang sidang dan dalam negosiasi iklim internasional tentang pembayaran dari negara-negara kaya yang membakar lebih banyak batu bara, minyak dan gas, ke negara-negara miskin yang rusak akibat emisi.

Contohnya, data menunjukkan bahwa penghasil karbon terbesar dari waktu ke waktu, Amerika Serikat, telah menyebabkan lebih dari USD1,9 triliun kerusakan iklim di negara lain sejak 1990 hingga 2014, termasuk USD310 miliar kerusakan di Brazil, USD257 miliar kerusakan di India, USD124 miliar ke Indonesia, USD104 miliar ke Venezuela dan USD74 miliar ke Nigeria. Tetapi di saat yang sama polusi karbon Amerika Serika sendiri telah menguntungkan negara itu lebih dari USD183 miliar.

"Apakah semua negara melihat ke Amerika Serikat untuk restitusi? Mungkin. AS telah menyebabkan sejumlah besar kerugian ekonomi oleh emisinya, dan itu adalah sesuatu yang kami miliki datanya untuk ditunjukkan," kata Justin Martin, Rekan penulis studi, seorang ilmuwan iklim Dartmouth College.

Pembangkit Listrik Tenaga Batubara Scherer berdiri di kejauhan di Juliette, Ga, pada 3 Juni 2017. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Climactic Change pada Selasa, 12 Juli 2022, menghitung berapa banyak kerugian terkait iklim yang dimiliki negara-negara kaya. menyebabkan negara-negara miskin melalui emisi karbon mereka./Foto AP/Kamp Branden

Negara-negara berkembang telah meyakinkan negara-negara kaya untuk berjanji secara finansial membantu mereka mengurangi emisi karbon untuk masa depan. Tetapi belum bisa mendapatkan ganti rugi atas kerusakan yang telah terjadi, sebuah istilah yang disebut 'kerugian dan kerusakan' dalam pembicaraan iklim global.

Penulis utama studi ini, Christopher Callahan, seorang peneliti dampak iklim di Dartmouth mengatakan, dalam negosiasi tersebut, penghasil emisi karbon terbesar seperti Amerika Serika dan China memiliki 'selubung penyangkalan', bahwa tindakan mereka menyebabkan kerusakan tertentu. Hal ini mengangkat tabir itu.

“Studi ilmiah seperti karya inovatif ini menunjukkan bahwa penghasil emisi tinggi tidak lagi memiliki kaki untuk menghindari kewajiban mereka untuk mengatasi kerugian dan kerusakan. Semakin dan semakin banyak menunjukkan bahwa kerugian dan kerusakan sudah melumpuhkan negara-negara berkembang," kata Adelle Thomas dari Climate Analytics, ilmuwan iklim Bahama.

Sementara emisi karbon telah dilacak selama beberapa dekade di tingkat nasional dan kerusakan telah dihitung. Callahan dan Mankin mengatakan ini adalah studi pertama yang menghubungkan semua titik dari negara-negara penghasil emisi ke negara-negara yang terkena dampaknya. Studi ini juga menghitung manfaat, yang terutama terlihat di negara-negara utara seperti Kanada dan Rusia, dan negara-negara kaya seperti AS dan Jerman.

“Negara-negara yang paling sedikit mengeluarkan emisi yang juga cenderung dirugikan oleh peningkatan pemanasan global. Jadi ketidaksetaraan ganda bagi saya adalah semacam temuan sentral yang ingin saya tekankan,” kata Callahan.

Untuk melakukan penelitian, pertama Callahan melihat berapa banyak karbon yang dipancarkan setiap negara dan apa artinya bagi suhu global, menggunakan model iklim besar dan mensimulasikan dunia dengan emisi karbon negara itu, versi teknik atribusi yang diterima secara ilmiah yang digunakan untuk peristiwa cuaca ekstrem. Dia kemudian menghubungkannya dengan studi ekonomi yang melihat hubungan antara kenaikan suhu dan kerusakan di setiap negara.

“Kami benar-benar dapat menandai kesalahan AS pada hasil ekonomi Angola,” kata Mankin.

Setelah AS, negara-negara yang paling banyak menyebabkan kerusakan sejak 1990--tanggal yang dipilih para peneliti karena saat itulah mereka mengatakan konsensus ilmiah terbentuk dan negara-negara tidak lagi memiliki alasan untuk mengatakan bahwa mereka tidak tahu tentang pemanasan global--adalah China (USD1,8 triliun), Rusia (USD986 miliar), India (USD809 miliar) dan Brasil (USD528 miliar), menurut penulis studi. Hanya Amerika Serikat dan Cina yang bersama-sama menyebabkan sekitar sepertiga dari kerusakan iklim dunia.

Lima negara yang paling terpukul dalam dolar secara keseluruhan adalah Brasil, India, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Indonesia, tetapi itu karena mereka memiliki ekonomi terbesar dari negara-negara di zona panas yang paling rentan. Tetapi negara-negara yang paling terpukul berdasarkan PDB adalah UEA, Mauritania, Arab Saudi, Oman, dan Mali, kata Callahan. Brasil dan India juga termasuk di antara negara-negara yang menghasilkan emisi dan kerusakan paling banyak dan belum mengajukan tuntutan hukum untuk mencoba mendapatkan ganti rugi atas kerusakan iklim.

Pertanyaan tentang keadilan atas negara mana yang berkorban dan bagaimana mempersiapkan dan memperbaiki dampak iklim ketika komunitas global mencoba memperlambat pemanasan menjadi lebih penting dalam pembicaraan iklim internasional baru-baru ini.

Beberapa negara, komunitas lokal, dan aktivis iklim telah menyerukan kepada penghasil emisi karbon terbesar dalam sejarah untuk membayar 'perbaikan iklim' atas kerusakan yang disebabkan oleh keuntungan ekonomi mereka yang telah menyebabkan negara dan komunitas yang telah terkena dampak negatif sistem penindasan, seperti kolonialisme dan perbudakan. Studi ini menambah momentum pada ide ini, beberapa orang dalam iklim di masyarakat mengatakan kepada The Associated Press.

“Dalam hal ini, penelitian ini memperkuat argumen mengenai kerugian dan kerusakan yang mendapatkan daya tarik,” kata Nikki Reisch, Direktur Program Iklim dan Energi untuk Pusat Hukum Lingkungan Internasional, mengatakan kepada AP dalam Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim.

Ada dorongan balik di tingkat internasional dari negara-negara dengan emisi tinggi tentang membayar kerugian dan kerusakan yang khawatir bahwa negara-negara miskin tidak akan menggunakan pendanaan iklim sebagaimana dimaksud.

Namun, Mankin berharap penelitian ini memberdayakan mereka yang tidak berdaya dan dalam menghadapi perubahan iklim global. Tetapi orang lain di komunitas iklim yang telah membaca studi tersebut mengatakan bahwa lebih dari sekadar informasi diperlukan untuk memastikan bahwa mereka yang paling terkena dampak perubahan iklim diberi kompensasi atas kerugian mereka.

Informasi dan data dalam penelitian ini sangat berharga, kata mereka, tetapi perlu menekan mereka yang bertanggung jawab untuk membentuk kebijakan iklim untuk benar-benar membuat negara-negara kaya membayar kerusakan yang mereka sebabkan kepada negara-negara miskin.

Basav Sen, Direktur Proyek Keadilan Iklim untuk Institute for Policy Studies, sebuah think tank progresif, melihat penelitian tersebut dan mengatakan penelitian ini menunjukkan hubungan sebab akibat yang sangat membantu.

Namun, menurut dia, hanya satu bagian dari kampanye tekanan populer yang diperlukan untuk menerjemahkan informasi ini ke dalam aliran keuangan aktual dari negara-negara yang lebih kaya dan beremisi lebih tinggi untuk mengkompensasi negara-negara berpenghasilan rendah yang mengalami dampak iklim yang lebih buruk.

APNews