Aplikasi Pecinta Alam Terbaik dan Gratis--Mana yang Ada di HP-mu?

Penulis : Kennial Laia

Lingkungan

Minggu, 29 Oktober 2023

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Dengan telepon di ujung jari Anda, ruang tamu bisa menjadi hutan dengan satwa misterius di bawah kanopinya. Dunia bisa jadi adalah tiram, atau pohon, atau konser burung-burung yang membuat penasaran. 

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi segala sesuatu mulai dari jejak hewan misterius hingga kicau burung yang sulit ditangkap melalui aplikasi. Selain itu, penampakan yang Anda temukan dapat memberikan kontribusi berharga bagi studi ilmiah dan upaya konservasi di seluruh dunia.

Meskipun ponsel sering disalahkan karena mengalihkan perhatian pengguna dari lingkungan fisiknya, teknologi juga dapat menjadi cara untuk terhubung dengan alam. Begini caranya.

Seek

Aplikasi ini sempurna untuk anak-anak yang penasaran dan ingin melakukan kategori berbagai tumbuhan, hewan, dan jamur yang mereka temui. Caranya, pengguna menambil foto dengan ponsel dan kecerdasan buatan Seek akan mengidentifikasi spesies dan menguraikan beberapa fakta penting. Tergantung pada wilayah Anda, aplikasi ini akan menyarankan spesies umum yang harus diwaspadai dan memberi Anda tantangan bertema sepanjang tahun sehingga Anda dapat mencari segala sesuatu mulai dari pengurai hingga alam perkotaan atau makhluk kolam dan penyerbuk.

Lamun adalah satu-satunya tanaman berbunga yang dapat hidup di air laut, terutama perairan dangkal. Dok Econusa

Untuk anak-anak yang lebih besar dan orang dewasa, aplikasi unggulan iNaturalist membuka akses ke komunitas global yang dapat mengonfirmasi pengamatan yang dicatat – dan merupakan alat yang bagus untuk survei bioblitz lokal. 

Gratis. Untuk iOS dan Android.

Animal Tracker

Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengikuti pergerakan hewan liar yang dilacak secara real time. Dari burung laut kittiwake yang ditandai di pantai selatan Devon, Amerika Serikat, hingga singa yang mencari mangsa di Namibia. Anda dapat mengikuti saat mereka bermigrasi, melihat pergerakan masa lalu, atau mencatat penampakan yang Anda temui sendiri.

Semuanya disimpan dalam Movebank Research Database, alat pemetaan interaktif daring gratis yang dikelola Max Planck Institute of Animal Behavior. Ini adalah cara digital yang dinamis untuk belajar sambil berkontribusi pada sumber daya ilmu pengetahuan warga yang berharga bagi para pelestari lingkungan, penjaga hutan, dan peneliti secara global.

Gratis. Untuk iOS dan Android.

eBird

Jika, seperti banyak pengamat burung serius, Anda menyukai checklist, aplikasi ini cocok untuk Anda. Tersedia dalam 27 bahasa, eBird memungkinkan Anda melacak daftar burung liar berdasarkan tahun, jalur lokal, atau sesuai keinginan Anda. Anda dapat menjelajahi hotspot populer di wilayah Anda dan mencatat penampakan saat Anda bepergian. Peringatan eBird real-time sangat berguna terutama jika Anda ingin melihat sekilas burung langka.

Gratis. Untuk iOS dan Android. 

LeafSnap

Dengan aplikas ini, Anda bisa mengambil gambar tanaman yang tampak tidak biasa di petak bunga, pagar tanaman, dan hutan untuk mengidentifikasinya. Aplikasi ini berfungsi paling baik saat Anda fokus pada satu tanaman dalam satu waktu. Cukup klik pada daun, bunga, buah, atau kulit kayu untuk membantu aplikasi mengkategorikan tanaman Anda, lalu LeafSnap akan memindai gambar Anda dan menampilkan kecocokan terdekat.

Jika ada lebih dari satu opsi yang tercantum, terserah Anda untuk membandingkan dan mengidentifikasi tanaman Anda. Versi berbayar hadir tanpa iklan pop-up dan dengan fitur tambahan, termasuk tips perawatan tanaman. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengingatkan Anda tentang cara merawat tanaman, sehingga Anda tidak akan lupa menyiram atau memberi makan mereka.

Gratis atau membayar Rp 70.000 untuk versi bebas iklan. Untuk iOS and Android

Seagrass Spotter

Jika Anda berenang, berkayak, atau menyelam di perairan dangkal pesisir, Anda mungkin bertanya-tanya seperti apa padang rumput di bawah Anda. Lamun adalah satu-satunya tanaman berbunga yang dapat hidup di air laut, dan memulihkan habitat satwa liar bawah laut ini merupakan langkah penting dalam memulihkan kesehatan laut. 

Pengguna aplikasi dapat mencatat penampakan lamun di mana pun di dunia. Seagrass Spotter, yang diselenggarakan oleh badan amal konservasi laut Project Seagrass, memudahkan untuk membedakan jenis lamun. Anda bahkan dapat mencatat ketiadaan lamun – lamun rentan terhadap kerusakan, terinjak-injak, dan polusi – dengan menyediakan data yang digunakan oleh para ilmuwan kelautan untuk membangun gambaran yang lebih akurat mengenai sebaran lamun dan, pada akhirnya, membantu melindunginya.

Gratis. Untuk iOS dan Android. 

SkyView Lite

Buka jendela ke langit malam, lalu arahkan kamera tablet atau ponsel cerdas Anda ke atas dan Anda akan menemukan bintang atau konstelasi mana yang sedang Anda lihat. Anda akan mengetahui kapan Stasiun Luar Angkasa Internasional sedang terbang di atasnya atau dapat mengidentifikasi planet yang jauh. Biarkan aplikasi ini dalam mode malam untuk menjaga penglihatan malam Anda. Ini juga mudah digunakan tanpa jaringan internet sehingga cocok untuk berkemah dan pengembara jarak jauh.

Gratis. Untuk iOS dan Android. 

WWF Forests

Ini adalah pilihan menyenangkan dari badan amal lingkungan World Wide Fund for Nature, ideal jika Anda tidak bisa keluar rumah untuk merasakan alam secara langsung. Menggunakan realitas virtual tambahan atau augmented virtual reality (AVR), aplikasi Forests membawa Anda dalam tur mendalam ke hutan beriklim sedang dari kenyamanan ruang tamu Anda. 

Dengan mengklik simbol saat Anda menggerakkan layar di sekitar ruangan, Anda dapat mengungkap fakta tentang hutan, termasuk apa yang mengancam satwa liar yang hidup di bawah kanopi. Monyet pohon dan harimau muncul di berbagai tahap perjalanan, dan pada akhirnya Anda dapat membangun hutan sendiri.

Gratis. Hanya untuk iOS.