153 Spesies Baru 2023: Dari Kadal Tak Berkaki hingga Tanaman Adat

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Rabu, 27 Desember 2023

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID - Para peneliti California Academy of Sciences (CAS) berhasil mendeskripsikan 153 spesies satwa, tumbuhan, dan jamur baru sepanjang 2023, yang memperkaya pemahaman akan keanekaragaman hayati Bumi dan memperkuat kemampuan untuk meregenerasi alam.

Spesies-spesies baru tersebut meliputi 66 laba-laba, 20 siput laut, 18 tanaman, 13 bintang laut, 12 tokek, 10 kumbang, lima ikan, empat cacing, dua tawon, satu siput laut, satu kalajengking, dan satu skink tak berkaki. Lebih dari selusin ilmuwan CAS bersama beberapa kolaborator internasional mendeskripsikan spesies yang baru bagi ilmu pengetahuan.

Berikut ini sejumlah spesies baru yang berhasil dideskripsikan para ilmuan CAS tersebut di 2023, dilansir dari situs resmi CAS.

Kalajengking yang terancam punah dari Gurun San Joaquin

Setelah mendeskripsikan dua kalajengking yang baru ditemukan pada 2022, peserta magang di CAS, Harper Forbes dan Prakrit Jain, bersama mahasiswa pascasarjana CAS, Jacob Gorneau, dan Kurator Arachnologi Lauren Esposito, menambahkan anggota baru dalam daftar kalajengking yang terus bertambah di California, yakni Paruroctonus tulare.

Rekan peneliti dari CAS, Aaron Bauer, mendeskripsikan seekor kadal tak berkaki (Acontias mukwando) dari Serra da Neve, Angola. Foto: Arthur Tiutenko/California Academy of Sciences.

Meskipun spesies ini pertama kali ditemukan di Tulare Basin oleh pengguna iNaturalist pada 2020, mereka membutuhkan waktu lebih dari dua tahun untuk melakukan pengambilan sampel di Gurun San Joaquin untuk mendeskripsikan spesies ini secara resmi.

"Kami memeriksa setiap bidang tanah di area yang belum dikembangkan untuk penggunaan pertanian. Tidak seperti P. soda dan P. conclusus, yang hanya muncul di petak-petak lahan yang sangat sempit di California Tengah, kami dapat mengidentifikasi P. tulare dari 12 lokasi yang berbeda," kata Jain.

Tekanan yang disebabkan oleh manusia seperti perubahan iklim dan pengembangan pertanian memotivasi para penulis studi untuk segera mencari perlindungan untuk kalajengking baru ini.

"Ini adalah pertama kalinya status konservasi kalajengking yang baru dikenal oleh ilmu pengetahuan dievaluasi pada saat yang sama dengan penemuannya," kata Esposito.

Esposito menambahkan, banyak spesies yang terancam punah-termasuk kalajengking-kemungkinan besar telah punah sebelum bisa dideskripsikan secara resmi. Sangat penting bagi kita untuk mengumpulkan perlindungan sedini mungkin. Pertama di tingkat internasional dengan menambahkannya ke dalam Daftar Merah Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), dan kedua di tingkat nasional dan negara bagian dengan memberikan perlindungan.

Kadal tak berkaki yang bersembunyi di serasah daun

Associate peneliti CAS, Aaron Bauer, menggambarkan Acontias mukwando, seekor kadal tak berkaki dari lereng Serra da Neve yang berhutan jarang--gunung tertinggi kedua di Angola. Seperti kebanyakan anggota keluarga skink, kadal tak berkaki ini berperilaku seperti ular, menyelinap secara diam-diam di antara serasah daun di lantai hutan untuk mencari serangga dan hewan mangsa kecil.

Namun, tidak seperti skink lain yang biasanya berwarna seragam, A. mukwando memiliki kerah merah muda yang berbeda di lehernya-yang langsung membuatnya dikenali sebagai spesies baru.

Serra da Neve adalah sebuah gunung terpencil di tepi utara Gurun Namib yang gersang. Berbatasan dengan lautan pasir, puncak yang berdiri sendiri ini memiliki karakteristik lingkungan yang lebih sejuk dan lembab yang menyimpan banyak spesies mikroendemik, atau spesies yang ditemukan dalam rentang geografis yang sangat kecil. Meskipun menjadi rumah bagi tanaman dan hewan yang tidak ditemukan di tempat lain di Bumi, Serra de Neve tidak dilindungi secara resmi dengan cara apa pun.

"Setiap spesies baru yang kami deskripsikan dari gunung ini-dan yang lainnya seperti ini-adalah bukti bahwa tempat-tempat seperti ini layak mendapatkan pertimbangan konservasi. Kami masih menemukan spesies baru di 'pulau-pulau' yang terisolasi ini, yang menunjukkan bahwa belum terlambat untuk melakukan perlindungan," kata Bauer.

19 laba-laba baru Australia

Peneliti dari CAS, Sarah Crews, menambahkan 19 laba-laba pipih yang baru ditemukan di Australia barat ke dalam genus Karaops tahun ini. Laba-laba kecil dan pipih ini dikenal dengan kecepatan berbeloknya yang luar biasa, laba-laba kecil dan pipih ini memiliki serangan berbelok tercepat di antara semua hewan darat di planet ini.

Dengan tinggi hanya satu hingga dua milimeter-setinggi sehelai spaghetti-mereka dapat berputar hampir 3.000 derajat per detik. Ketika Crews mulai meneliti kelompok laba-laba pipih ini di Australia pada tahun 2010, hanya satu spesies Karaops yang telah diidentifikasi secara resmi. Namun selama dekade terakhir, Crews telah menambahkan 53 spesies lagi ke dalam genus ini.

"Mereka tidak selalu tidak umum, hanya saja sangat sulit untuk ditangkap," kata Sarah Crews.

Sukulen penghuni tebing dengan akar lokal

Meskipun suatu spesies mungkin baru bagi ilmuwan barat, banyak spesies yang telah ada selama ribuan tahun dan telah lama dikenal oleh masyarakat adat setempat. Tahun ini, peneliti CAS, Isaac Lichter Marck, dan para ilmuwan yang berkolaborasi dari Instituto Politécnico Nacional di Durango, Meksiko, mendeskripsikan tanaman sukulen Pachyphytum odam yang hidup di tebing yang langka dari pegunungan Sierra Madre Occidental.

Namun selama berabad-abad, masyarakat O'dam di komunitas terdekat La Muralla telah mengenal tanaman ini sebagai da'npakal, sebuah kata asli yang berarti botak, telanjang, atau licin (mengacu pada daun dan batang sukulen yang gundul). Para peneliti menggunakan julukan odam untuk menghormati orang O'dam dan tanah mereka di mana tanaman ini tumbuh

Penulis senior dan peneliti yang berkolaborasi, Arturo Castro-Castro, menjelaskan pentingnya menghubungkan nama spesies dengan identitas budaya lokal. Suku O'dam, katanya mengenal wilayah mereka lebih baik dari siapa pun dan menjaga hubungan erat dengan keanekaragaman hayati lokal mereka.

"Mereka melestarikan warisan biokultural yang tak tertandingi dan pengetahuan tradisional yang luas terkait tanaman," kata Castro.

Ikan gobi udang yang bersembunyi di depan mata

Saat menunggu untuk melihat pari manta dari dasar laut, rekan peneliti CAS, Mark Erdmann, menemukan ikan gobi Lady Elliot (Tomiyamichthys elliotensis) yang baru saja dideskripsikan, ikan gobi udang yang baru dikenal oleh ilmu pengetahuan dari Lady Elliot Island di Great Barrier Reef.

Ikan gobi udang adalah ikan terumbu karang perairan dangkal yang menghuni dasar laut berpasir di dekat terumbu karang, dan memiliki hubungan simbiosis dengan udang gertak alpheid. Udang menggali liang di dalam pasir, dan ikan gobi bertindak sebagai penjaga keamanan, mengawasi predator di sekitarnya.

Erdmann, yang mempelajari segala sesuatu mulai dari ikan gobi hingga hiu paus, menjelaskan bahwa ikan kecil seperti ichthyoplankton tidak terlalu menjadi perhatian konservasi dibandingkan dengan spesies yang lebih besar dan lebih ikonik. Namun untuk pertama kalinya, para ahli ichthyologists akan berkumpul untuk secara resmi menilai status konservasi mereka pada musim semi 2024.

"Ikan-ikan ini hidup dengan cepat, berkembang biak dengan cepat, dan mati dengan cepat. Namun, tekanan yang sama yang memengaruhi spesies yang lebih karismatik-perubahan iklim, degradasi habitat, dan polusi-kemungkinan besar juga memengaruhi ikan-ikan yang lebih kecil ini," kata Erdmann.

Tanaman berbunga yang salah diidentifikasi di Kosta Rika

Para ahli botani CAS mengungkapkan, sebuah tanaman berbunga yang umum ditemukan di Kosta Rika secara keliru dikategorikan sebagai spesies yang berbeda dan serupa selama lebih dari 150 tahun. Dijelaskan tahun ini oleh peneliti CAS Tom Daniel, dan Ricardo Kriebel, Stenostephanus purpureus salah diidentifikasi sebagai S. silvaticus yang secara morfologis mirip, tanaman berbunga dari Meksiko, ketika pertama kali dikoleksi pada tahun 1855.

Meskipun ia telah mengidentifikasi dan mengumpulkan spesies yang baru dideskripsikan beberapa kali, Kriebel menyadari kesalahan tersebut ketika melakukan pengamatan iNaturalist dalam genus tersebut.

"Saya tidak pernah mempertanyakan identifikasi spesimen Kosta Rika. Tidak sampai saya melakukan perbandingan berdampingan dengan gambar tanaman hidup dari Meksiko. Perbedaan di antara keduanya tidak kentara ketika anda bekerja dengan spesimen mati dan kering dari koleksi," kata Kriebel.

S. purpureus dan S. silvaticus berbeda dalam hal warna bunga dan morfologi serbuk sari. Perbedaan penting lainnya adalah tidak adanya "landasan pendaratan", atau kelopak datar yang digunakan oleh kupu-kupu dan serangga lain untuk penyerbukan, pada tanaman Kosta Rika. Hal ini menunjukkan bahwa S. purpureus mungkin telah berevolusi untuk mengandalkan penyerbukan burung kolibri daripada penyerbukan serangga.