Spesies Nomaden Kian Terancam, Dari Penyu Hingga Kelelawar Buah

Penulis : Kennial Laia

Biodiversitas

Selasa, 13 Februari 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Lebih dari seperlima spesies yang bermigrasi di bawah perlindungan internasional terancam punah, termasuk hampir semua ikan nomaden, menurut laporan terbaru dari PBB. 

Dari paus bungkuk hingga pelikan Dalmatian, setiap tahun, miliaran hewan melakukan perjalanan sesuai musim di lautan, di darat, dan di langit. Namun laporan baru dari Konvensi Konservasi Spesies Hewan Liar yang Bermigrasi (CMS) PBB menemukan bahwa banyak spesies yang bermigrasi berisiko punah, terancam oleh polusi manusia, penyebaran spesies invasif, dan krisis iklim.

Penilaian terhadap hewan-hewan bermigrasi yang berada di bawah perlindungan perjanjian tersebut menemukan bahwa 22% dari 1.189 spesies yang terdaftar di CMS terancam punah dan hampir setengahnya, atau 44%, menunjukkan penurunan populasi. 

Banyak di antaranya berada di bawah tekanan yang tidak berkelanjutan akibat hilangnya habitat dan eksploitasi berlebihan. Sebanyak 97% hiu, pari, dan ikan sturgeon dalam daftar tersebut menghadapi risiko kepunahan yang tinggi, dengan penurunan populasi sebesar 90% sejak tahun 1970-an.

Penyu hijau (Chelonia mydas) merupakan spesies migrasi langka dan terancam punah. Salah satu habitatnya ada di Indonesia. Dok. NOAA Pacific Islands Fisheries Science Center

Satwa liar dapat menempuh jarak yang sangat jauh saat bermigrasi, yang berpuncak pada beberapa perjalanan alam yang paling dramatis. Contohnya, satu juta rusa kutub yang melakukan perjalanan dari Serengeti di Tanzania ke Maasai Mara di Kenya, dan salmon Pasifik yang kembali ke hulu sungai untuk berkembang biak melintasi pantai barat Amerika Serikat.

Menurut analisis tersebut, gorila dan hampir setengah dari seluruh penyu yang tercakup dalam konvensi berada dalam bahaya kepunahan. Sementara spesies yang mengalami penurunan termasuk kelelawar ekor berekor, yang terbang lebih dari 8.000 mil nonstop antara Alaska dan Australia; kelelawar buah berwarna jerami, yang melakukan migrasi mamalia terbesar di Afrika; dan belut Eropa yang terancam punah.

Laporan ini muncul ketika pemerintah negara-negara berkumpul untuk menghadiri pertemuan puncak di Samarkand, Uzbekistan, untuk membahas cara yang lebih baik dalam melindungi spesies yang bermigrasi di dunia. Menurut Sekretaris Eksekutif CMS Amy Fraenkel, tren peningkatan risiko kepunahan merupakan “penyebab kekhawatiran yang besar”, namun ada banyak hal yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengatasi penurunan tersebut.

“Alasan mengapa spesies tercakup dalam konvensi ini adalah karena mereka berada dalam masalah – tidak mengherankan jika beberapa dari mereka terancam punah,” kata Fraenkel dikutip Guardian, Senin, 12 Februari 2024. 

“Masalahnya adalah trennya: 44% spesies yang terdaftar mengalami penurunan dan peningkatan risiko kepunahan adalah sesuatu yang berlaku secara global terhadap spesies yang bermigrasi,” ujarnya. 

“Tiga dari empat spesies terkena dampak hilangnya habitat, tujuh dari 10 spesies terkena dampak eksploitasi berlebihan, yang mencakup pembunuhan spesies secara sengaja melalui perburuan atau peracunan, serta tangkapan sampingan. Orang-orang mungkin tidak menyadari bahwa paus, singa, gorila, jerapah, dan banyak burung adalah spesies yang bermigrasi… Hal ini menimbulkan kekhawatiran besar,” kata Fraenkel. 

Untuk melestarikan spesies yang tersisa dan membantu pemulihan populasi, penulis laporan merekomendasikan agar infrastruktur manusia di jalur terbang utama, jalur berenang, dan jalur migrasi harus diminimalkan. Mereka juga mengatakan lebih banyak upaya harus dilakukan untuk memahami bidang-bidang yang penting bagi migrasi dan melindungi mereka dengan lebih baik. Terlepas dari upaya konservasi, 70 spesies yang terdaftar, termasuk elang stepa, burung hering Mesir, dan unta liar, mengalami penurunan populasi selama 30 tahun terakhir.

Kepala Program Lingkungan Hidup PBB Inger Andersen mengatakan: “Komunitas global memiliki peluang untuk menerjemahkan ilmu pengetahuan terbaru ini ke dalam tindakan konservasi yang nyata. Mengingat situasi genting yang dialami banyak hewan ini, kita tidak bisa menundanya.”

Fraenkel mengatakan, ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi penyebab perubahan lingkungan, seperti pertanian yang menyebabkan kerusakan habitat, perluasan kota, kita harus memperhatikan jalur kereta api, jalan raya dan pagar. 

“Salah satu hal terpenting bagi spesies yang bermigrasi adalah sesuatu yang kita sebut integritas ekosistem: mereka memerlukan lokasi tertentu untuk berkembang biak, mencari makan, dan melakukan perjalanan. Kalau situs-situs tersebut tidak bisa diakses atau sudah tidak ada lagi, jelas akan merugikan,” ujarnya. 

Konvensi tersebut mencakup spesies yang bermigrasi yang memerlukan koordinasi internasional untuk melindungi kelangsungan hidup mereka. Penulis laporan mengidentifikasi 399 spesies migrasi terancam yang tidak terdaftar dalam konvensi.